Sukses

HUT ke-79 RI, Naik Bus Trans Jatim Gratis Hari Ini

Operasional Bus Trans Jatim secara gratis untuk masyarakat pada 17 Agustus 2024 tersebut diharapkan bisa memberi kebahagiaan bagi masyarakat dalam menikmati liburan peringatan HUT ke-79 RI.

Liputan6.com, Surabaya - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur (Jatim) menggratiskan tarif bus Trans Jatim pada 17 Agustus 2024.

"Ini hadiah ulang tahun kemerdekaan untuk masyarakat," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Nyono, Jumat 16 Agustus 2024.

Menurutnya, tarif bus Trans Jatim tersebut digratiskan bagi masyarakat untuk seluruh koridor yang dilalui bus tersebut. Kebijakan tersebut merupakan agenda tahunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan.

Operasional Bus Trans Jatim secara gratis untuk masyarakat pada 17 Agustus 2024 tersebut  diharapkan bisa memberi kebahagiaan bagi masyarakat dalam menikmati liburan peringatan HUT ke-79 RI.

Secara teknis, masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan bus Trans Jatim tetap harus menggunakan aplikasi dan tidak ada yang berubah. Namun, pada saat pemindaian, tidak ada tarif yang dibebankan kepada penumpang.

"Tahun lalu juga gratis dan berlangsung selama satu hari tepat di tanggal 17 Agustus. (Teknisnya) seperti biasa tapi nanti discan nol rupiah," katanya.

Bus tersebut setiap hari beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 21.00 WIB. Dalam kondisi normal, tarif umum  busTrans Jatim ini sebesar Rp5.000 dan Rp2.500 untuk pelajar dan santri.

Trans Jatim sendiri adalah layanan transportasi umum yang merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Launching Bus Trans Jatim Koridor IV

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono melaunching Bus Trans Jatim Koridor IV rute Terminal Bunder Gresik - Pelabuhan Paciran Lamongan dan pengoperasian Trans Jatim Luxury jelang HUT RI ke-79 tahun di Alun-alun Kabupaten Lamongan.

Perluasan koridor Trans Jatim ini, kata Adhy, sebagai wujud nyata Pemerintah Provinsi Jatim mengimplementasikan Nawa Bhakti Satya keempat, yakni Jatim Akses. Terbukti, smart bus yang sudah beroperasi dua tahun ini telah dimanfaatkan 4,3 juta masyarakat di Jatim. Karena memberikan efisiensi mobilitas masyarakat.

"Hadirnya Trans Jatim Koridor I sampai IV mengurai kemacetan, mengurangi angka kecelakaan membantu masyarakat melakukan mobilitas atau bekerja, menurunkan gas emisi buang atau pemanasan global serta mengurangi volume kendaraan," ujarnya, Jumat (9/8/2024).

Khusus di Koridor IV ini, Adhy menyampaikan bahwa ada 15 armada bus yang disediakan. Nantinya, Bus Trans Jatim ini diharapkan tidak sekadar membantu mobilitas masyarakat saja, melainkan juga ramah dari sisi ekonomi. Karena tarif tiketnya sangat terjangkau.

"Tarif tiket umum Rp5.000 sedangkan pelajar/santri Rp2.500 dapat menikmati Trans Jatim. Menariknya, apabila masih kurang dari 2 jam perpindahan koridor Trans Jatim masih diberlakukan tiket gratis," terang Adhy.

"Khusus launching dan sosialisasi Trans Jatim Koridor IV, kami memberlakukan tiket gratis selama 9 hari mulai tanggal 9-17 Agustus 2024," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.