Sukses

Uniknya Perayaan HUT RI di Desa Kolam Deli Serdang, Setiap Dusun Dihias dengan Tema Berbeda

Hampir setiap tahun, saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Desa Kolam, di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) selalu menghadirkan sesuatu yang unik dan meriah.

Liputan6.com, Deli Serdang Hampir setiap tahun, saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Desa Kolam, di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) selalu menghadirkan sesuatu yang unik dan meriah.

Salah satunya adalah di setiap dusun akan dihias dengan tema yang unik dan berbeda-beda. Demikian pula dengan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI kali ini.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (17/8/2024), di Dusun 1, saat memasuki gapura akan disambut dengan mobil tank dan pesawat tempur karya dari masyarakat. Pemandangan ini membuat siapa saja yang melihat terkesima.

Di Dusun 4, warga menyediakan tempat berswafoto yang terbuat dari kayu dan bambu dengan latar belakang sawah yang menghijau. Kemudian ada juga pernak-pernik khas kemerdekaan seperti foto presiden dan wakil presiden hingga para pahlawan.

Di Dusun 5, ketika sampai langsung disuguhkan dengan pemandangan bendera-bendera yang dihias disepanjang jalan. Ada juga pernak-pernik lain seperti 2 roket berukuran besar yang dipajang di salah satu gang, ornamen perang mulai dari bambu runcing, meriam hingga pejuang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karya Masyarakat

Memasuki Dusun 6 T, langsung terlihat kapal laut, helikopter, tank, pesawat tempur hingga naga yang semuanya adalah karya masyarakat.

Selanjutnya di Dusun 6 B mengambil tema perkebunan yang dilengkapi dengan bangsal jaman dahulu di perkebunan terbuat dari tepas, kemudian ada pesawat obat, meriam, pesawat tempur, tank dan tak lupa bendera merah putih.

Sementara itu di Dusun 7, masyarakat menyuguhkan ornamen reog yang dipasang di depan gapura, kemudian tank, gubuk, mobil tentara jaman dulu.

Masih banyak lagi dusun lainnya yang dihias dengan tema yang unik dan mencuri perhatian.

3 dari 4 halaman

Kegiatan Rutin

Kepala Desa (Kades) Kolam, Jupri mengatakan, kegiatan menyemarakan HUT RI telah dilakukan sejak 5 tahun lalu dan diadakan di 13 Dusun yang ada di Desa Kolam.

"Ini merupakan tradisi, sejak 5 tahun lalu kami mulai. Diawali dengan kegiatan-kegitan kecil dengan lomba yang juga masih sedikit,” ujarnya.

Namun, setiap tahun, jelasnya, kegiatan semakin meriah dengan lomba-lomba yang semakin banyak. Untuk tahun ini yang terbaru yaitu pawai kemerdekaan.

"Masyarakat melakukan pawai dengan mengendarai hasil karyanya masing-masing," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Antusias Masyarakat

Antusias masyarakat tiap tahunnya cukup tinggi, seperti tahun ini juga antusiasnya semakin tinggi. Hal tersebut dilihat dari banyaknya karya masyarakat yang ditampilkan dan juga banyaknya masyarakat yang ikut upacara.

"Harapannya tentu apa yang kita lakukan ini akan kita wariskan pada generasi berikutnya. Karena dalam proses penyiapan hingga pembuatan karya semua dikerjakan bersama-sama," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini