Sukses

Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Kompak Berbusana Adat Mandailing saat Upacara HUT ke-79 RI

Pemerintah Kota (Pemko) Medan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2024).

Liputan6.com, Medan Pemerintah Kota (Pemko) Medan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2024).

Upacara pengibaran bendera merah putih yang digelar Pemko Medan berlangsung tertib dan penuh khidmat di Lapangan Apron Charlie Lanud Soewondo, Jalan Adi Sucipto, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang hadir didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam upacara yang mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu tampak kompak berbusana pakaian adat Mandailing. Upacara menonjolkan keberagaman etnis di Kota Medan. Sedangkan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, mengenakan pakaian adat Minang.

Unsur Forkopimda Kota Medan, pimpinan perangkat daerah, aparat TNI dan Polri, veteran, tokoh masyarakat serta anggota berbagai organisasi kemasyarakatan pemuda serta undangan turut hadir dan mengikuti upacara tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lepas Atlet PON

Sebelum pengibaran bendera merah putih oleh 42 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Bobby Nasution terlebih dahulu menyerahkan bendera kepada anggota Paskibraka pembawa baki untuk dikibarkan.

Usai upacara, Bobby Nasution didampingi Ketua TP PKK Kota Medan, Wakil Wali Kota, unsur Forkopimda dan Pj Sekda selanjutnya menyerahkan secara simbolis paket bingkisan kepada 10 orang perwakilan Legiun Veteran Kemerdekaan RI.

Setelah itu, Bobby Nasution melepas 200 atlet asal Medan yang akan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut. Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera pataka.

“Selamat bertanding, saya berharap seluruh atlet dan pelatih yang akan tampil di PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut mampu berprestasi, sehingga mengharumkan nama Kota Medan dan Provinsi Sumut,” kata Bobby Nasution.

3 dari 3 halaman

Upacara Penurunan Bendera

Upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka HUT ke-79 Kemerdekaan RI berlangsung lancar dan khidmat. Prosesi penurunan bendera merah putih yang diadakan di Lapangan Lanud Soewondo Medan dipimpin Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman.

Tepat pukul 17.00 WIB, upacara penurunan bendera merah putih dimulai. Sebanyak 42 orang Paskibraka berhasil menurunkan bendera merah putih tepat pada saat berakhirnya lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Bendera merah putih kemudian diserahkan kembali kepada pemimpin upacara untuk disimpan. Upacara yang diikuti aparatur TNI, Polri, ASN Pemko Medan dan para pelajar tersebut dirangkaikan pula dengan penyematan tanda kehormatan Satyalancana karya satya dari Presiden RI Joko Widodo kepada 8 orang ASN Pemko Medan.

Penyematan tanda kehormatan diberikan karena telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, Bangsa dan Negara selama 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini