Sukses

Ilham Habibie Mulai Rajin Tebar Pesona, Ngomongin Teknologi di Garut

Urgensi pendidikan teknologi untuk menyiapkan SDM yang disertai upaya menyediaan lapangan kerja yang selaras antara kebutuhan industri dan kompetensi SDM (Sumber Daya Manusia).

Liputan6.com, Garut - Bakal calon Gubernur pada Pilkada Jawa Barat 2024 yang diusung partai Nasdem Ilham Akbar Habibie atau Ilham Habibie, mulai rajin menyambangi kota Intan Garut, menjelang pendaftaran Bakal Calon ke KPU Jawa Barat 27-29 Agustus 2024.

Putra pertama mendiang Presiden ke-tiga BJ Habibie itu, semakin intens mendekati masyarakat kota Dodol Garut untuk mendapatkan simpati dan dukungan, menjelang perhetan akbar pesta demokrasi lima tahunan yang akan dihelat 27 November mendatang.

Terbaru, Ilham mendatangi gelaran pameran internasional bertajuk ‘Crossing Boundaries’ yang digelar di STAI Siliwangi Garut. Kegiatan itu  menampilkan sejumlah karya dosen UPI, ISBI, STAIS, mahasiswa Ankara Üniversitesi Türkiye, UPI, STAIS, Pattani Thailand, dan Al-Irsyad Satya Islamic School.

“Urgensi pendidikan teknologi untuk menyiapkan SDM yang disertai upaya menyediaan lapangan kerja yang selaras antara kebutuhan industri dan kompetensi SDM,” ujar Ihlam dalam dialog interaktif di lingkungan STAI Siliwangi.

Menurutnya, potensi melimpah Sumber Daya Alam (SDA) di Jawa Barat, harus mampu dioptimalkan dengan kehadiran teknologi. “Agar SDA yang melimpah di Jawa Barat biasa dikelola dengan baik untuk kesejahtraan masyarakat,” kata dia.

Ketua penyelenggara pameran Dewi M. Sya’bany mengatakan, pameran yang dibuka sejak 15-23 Agustus ini didominasi karya dua dimensi berupa lukisan, fotografi, seni grafis, kolase, dan seni digital, selain itu ada batik tulis dan batik cap.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun apresiasi publik terhadap seni rupa,” ujar salah satu dosen program studi PSR FPSD UPI itu.  

Menurutnya, kemajuan dunia teknologi saat ini belum begitu dioptimalkan dalam industri kreatif, sehingga terlihat masih ada gap atau pembatas. “Yang bisa masuk baru mode digital, sementara konvensional dan mekanikal masih terpisah,” kata dia.

Dengan hadirnya Ilham Habibie sebagai salah satu calon Gubernur di Jawa Barat, diharapkan mampu menjembatani keduanya.

Hal senada disampaikan Ketua STAI Siliwangi Garut Illa Susanti. Menurutnya, sudah saatnya Jawa Barat dipimpin kepala daerah seorang birokrat yang memahami soal teknologi.

“Pak Ilham adalah sosok paripurna, yang memiliki agama kuat, dengan latar belakang akademis dan memahami teknologi sekaligus berpengalaman sebagai pengusaha,” kata dia.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan yang dibalut dalam rangkaian gebyar Kemerdekaan ke-79 HUT RI tersebut, digelar bazzar 33 UMKM, wedding expo, karnaval hingga aneka lomba rakyat menyambut kemerdekaan.

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.