Sukses

Pilgub Kepri, Mengapa Nasdem Batam Belum Dukung Rudi?

Partai Nasdem sudah menerbitkan surat rekomendasi untuk cagub Kepri yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh unik Muhammad Rudi. Namun Ketua DPD Partai Nasdem Batam malah mendukung lawannya.

Liputan6.com, Batam - Spekulasi adanya perpecahan di DPW Partai Nasdem Kepulauan Riau dibantah Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Nasdem Kepri Muhamad Kamaludin. Spekulasi ini menyebut bahwa Ketua DPW Partai Nasdem Kepri Muhammad Rudi sudah dipecat dari Nasdem karena mendukung Marlin Agustina , istrinya untuk lompat pagar ke Partai Gerindra setelah jadi Wakil Gubernur melalui Nasdem.

Menurut Muhamad Kamaludin, untuk Pilgub Kepri, partainya sudah mengeluarkan surat rekomendasi. Rekomendasi dari DPP Partai Nasdem diberikan kepada Muhammad Rudi.

"Nasdem mengusung Muhammad Rudi sebagai calon gubernur Kepri, untuk dukungan dari berbagai partai yang telah berkordinasi masih dinamis artinya yang sudah pasti Nasdem, " kata Kamal.

Kamal juga membantah bahwa Muhammad Rudi keluar dari Nasdem. Bahkan ia menyebut kabar adanya isu itu membuatnya kaget.

"Tidak, udah ada SK dari Ketum, masa keluar," kata Kamal.

Dukungan DPP partai Nasdem untuk Muhamad Rudi sebagai Calon Gubernur di Pilkada Kepri 2024 tertuang dalam surat rekomendasi yang ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Hermawi Franziskus Taslim pada 7 Agustus 2024.

Saat ini Nasdem terus berkomunikasi dengan sejumlah partai untuk memperkuat Muhamad Rudi maju sebagai calon gubernur Kepri.

" Pak Rudi juga berkomunikasi intens dengan beberapa partai, Tinggal menunggu nanti hasilnya kita kan masih cukup ada waktu, " kata Kamaludin.

Sementara itu untuk calon Wali Kota Batam sudah final yang mendapatkan rekomendasi hampir dari seluruh partai adalah Amsakar Achmad - Li Claudia Candra.

"Dukungan untuk internal partai Nasdem tegak lurus instruksi dari DPP Partai Pak Amsakar sama mbak Claudia kalau instruksi partai harus tegak lurus," kata Kamal.

Mengenai dukungan Amsakar sebagai kader Nasdem mendukung Ansar Akhmad-Nyanayang Haris dari Partai Golkar, menjadi kewenangan DPP.

Ketua DPW Partai Nasdem Kepri Muhammad Rudi juga memberikan dukungan kepada pasangan Amsakar-Li Claudia. Namun ketua DPD Partai NasDem Batam yang diketuai Amsakar Achmad dalam beberapa video yang beredar malah lantang menyuarakan dukungan terhadap calon Gubernur Ansar Achmad dan Nyanyang Haris Pratamura yang merupakan lawan dari Muhammad Rudi- Ainur Rafiq di Pilgub Kepri nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.