Sukses

Aksi Heroik Pelajar Madrasah di Ogan Ilir Sumsel Nekat Panjat Tiang Bendera Demi Merah Putih Berkibar

Aksi heroik pelajar madrasah di Ogan Ilir Sumsel saat panjat tiang bendera di Kecamatan Pemulutan di Kabupaten Ogan Ilir Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 dirayakan di seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (17/8/2024) lalu.

Namun ada yang berbeda dari upacara pengibaran bendara Sang Saka Merah Putih di Kantor Camat Pemulutan Ogan Ilir Sumsel tersebut.

Saat petugas pengibaran bendera akan menaikkan bendera Merah Putih, tali tiangnya tersangkut dan tidak bisa menggerek bendera ke atas tiang.

Bendera Merah Putih terhenti di tengah-tengah tiang dan membuat suasana di upacara bendera di Kabupaten Ogan Ilir Sumsel itu sedikit tegang.

Melihat kondisi tersebut, Muhammad Galang Saputra, siswa Madrasah Aaliyah (MA) yang hadir saat itu, secara spontan langsung berlari ke tengah lapangan.

Tanpa aba-aba dari siapapun, dia langsung memanjat tiang bendera hingga ke bagian atas. Pelajar kelas XII di MA Nurul Amal Panca di Pemulutan Ilir tersebut, langsung memperbaiki simpul tali yang terikat.

Aksi heroiknya bikin semua peserta upacara terkagum sekaligus cemas, karena ada ketakutan Galang akan terjatuh dari atas tiang.

Camat Pemulutan Ogan Ilir Panca Rahmat yang hadir dalam upacara tersebut, sangat kaget melihat aksi spontanitas Galang di tengah lapangan upacara.

“Saat proses pengibaran bendera, talinya memang terlilit dan tersangkut. Anak itu langsung manjat ke atas tiang,” ucapnya, Senin (19/8/2024).

Beruntungnya, usahanya untuk memperbaiki tali tiang bendera berhasil dan Galang bisa turun dengan selamat yang disambut tepuk tangan para peserta upacara.

Upacara pengibaran bendera di Kantor Camat Pemulutan Ogan Ilir tersebut sudah dimulai sejak pukul 08.30 WIB, dihadiri para pejabat daerah, forkopimda hingga para pelajar.

“Ada yang takut kalau dia jatuh. Tapi Alhamdulillah bisa turun dengan selamat. Proses pengibaran berjalan lancar,” ujarnya.

Video detik-detik Galang memanjat tiang bendera juga sudah viral di media sosial (medsos). Salah satunya diposting oleh akun Instagram @wan.drone.plg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemuda Patriot

Dalam postingannya, pemilik akun Instagram @wan.drone.plg membagikan saat timnya mengabadikan proses perbaikan tali bendera tersebut.

Momen mengharukan tali bendera terlilit dan nyangkut di Kecamatan Pemulutan. Akan selalu ada patriot di antara pemuda dan di saat negara membutuhkan dia selalu ada,” tulis akun Instagram tersebut.

Para warganet meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel beserta jajarannya, untuk memberikan apresiasi ke Galang.

Mohon untuk diapresiasi,” tulis akun Instagram @pramjay***.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini