Sukses

Puluhan Anak Muda Berkompetisi Raih Gelar Koki Muda Nusantara

Sebanyak 32 anak muda yang juga ahli masak masakan Nusantara, berkumpul dan adu kemampuan dalam memperebutkan gelar Koki Muda Nusantara atau KoMuNu, di area Downtown Walk, Summarecon Mall Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 32 anak muda yang juga ahli masak masakan Nusantara, berkumpul dan adu skill dalam memeprebutkan gelar Koki Muda Nusantara atau KoMuNu, di area Downtown Walk, Summarecon Mall Bandung. Selain memperebutkan gelar bergengsi, mereka juga merebutkan hadiah hingga belasan juta rupiah.

Happy Harvest Supermarket sendiri, memiliki visi yang bertujuan mengangkat cita rasa Nusantara tidak hanya melalui beragam bahan baku yang dipasarkan, namun juga melalui event menarik, salah satunya adalah kompetisi masak. Dengan target peserta usia 15 - 24 tahun, Happy Harvest Supermarket juga turut mendorong kompetensi generasi muda di bidang kuliner untuk terus memajukan kuliner Nusantara.

“Koki Muda Nusantara atau disingkat KoMuNu, bukan sekedar ajang mencari bakat terbaik tetapi juga memberikan panggung bagi anak muda untuk mengenalkan sekaligus mengolah kuliner khas Nusantara agar lebih dicintai dan membuat kuliner kita tidak kalah bersaing dengan jenis masakan dari negara lain,”ungkap Meshvara Kanjaya selaku Direktur Happy Harvest Supermarket.

Lalu, kekhasan kuliner Indonesia yang kaya akan rempah dan rasa, serta memiliki banyak nilai sejarah yang saat ini telah masuk top rank dunia, juga patut untuk tetap dilestarikan agar bisa sama populernya dengan kuliner dari negara Asia lainnya, seperti Jepang dan Korea. 

Mekanisme kompetisi dibuat menarik yaitu dengan konsep “Misteri Box”, dimana masing-masing peserta mendapatkan kotak yang berbeda dan dituntut untuk mengkreasikan masakan sesuai dengan bahan di dalam kotak tersebut.

Dengan waktu kurang lebih 90 menit, peserta diharapkan mampu memberikan hasil masakan terbaik mereka yang akan dinilai berdasarkan keterampilan memasak, kebersihan saat memasak, cita rasa hingga presentasi hasil masakan di hadapan para dewan juri.

Penjurian acara KoMuNu juga dilakukan secara langsung oleh juri profesional di bidangnya, seperti Chef Martin Praja selaku professional chef, Chef Lilik Hariyanto dari Universitas Pradita, Chef Surya, Petrus Gandamana, serta Direktur Happy Harvest Supermarket, Meshvara Kanjaya.

“Hingga akhirnya, setelah melewati penjurian yang sangat ketat, akhirnya terpilih 3 grup pemenang dari kompetisi Koki Muda Nusantara 2024. Pemenang pertama, nomor urut 11 dari  Politeknik Pariwisata NHI Bandung, berhak atas hadiah berupa uang tunai senilai Rp 5 juta dan barang elektronik dari Oxone atas nama Anindya Ghaida Qairunisa dan ⁠Khaerunesya Azahra Retania,”katanya.

Lalu, pemenang dua, dari Akademi Tata Boga Bandung berhak atas hadiah berupa uang tunai senilai Rp 3 juta dan barang elektronik dari Oxone atas nama Jibran Virgiawan Arahmam dan ⁠Silvia Desi.

Pemenang ketiga, dari Akademi Tata Boga Bandung berhak atas hadiah berupa uang tunai senilai Rp 1,5 juta dan barang elektronik dari Oxone atas nama Muhammad Rendy Isna Hadi Pradana dan ⁠Nabil Atqiya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.