Sukses

Mengintip Magnet Stadion I Wayan Dipta, Kandang Langganan Tim Usiran

Stadion I Wayan Dipta home base milik klub Bali United itu menjadi magnet tersendiri untuk banyak tim usiran klub Liga 1.

Liputan6.com, Denpasar - Stadion I Wayan Dipta yang berada di Kabupaten Gianyar Bali menjadi salah satu stadion dengan magnet kuat yang membawa tim-tim usiran Liga 1. Ya, stadion I Wayan Dipta diketahui adalah home base klub berjuluk Serdadu Tridatu yakni Bali United.

Namun, stadion tersebut juga menjadi langganan tim-tim yang tengah terusir dari wilayahnya entah karena status stadionnya dalam tahap renovasi atau terkendalanya izin menggelar pertandingan.

Seperti diketahui ada beberapa tim peserta kompetisi Liga 1 menggunakan Stadion I Wayan Dipta saat menjamu tim tamu mereka, berikut daftar nama klub yang pernah dan masih menggunakan stadion I Wayan Dipta sebagai home base pinjaman mereka. 

1. Persija Jakarta

Tim asal ibu kota ini beberapa kali harus rela terusir dari Jakarta lantaran terkendala izin penyelenggaraan pertandingan, atau jadwal stadion home base mereka yang berbarengan dengan agenda Timnas atau politik lainnya. Persija Jakarta bahkan sudah berkali-kali meminjam home base Bali United FC. Meski Persija harus meminjam stadion milik klub asal Bali, tim berjuluk Macan Kemayoran itu tak takut kehilangan dukungan karena suporter fanatik mereka mendukung juga hingga ke Pulau Dewata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandang Tim Usiran

2. Arema FC

Arema FC terpaksa harus meminjam stadion milik pemda Gianyar tersebut setelah kasus Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa dan puluhan korban luka-luka. Tim berjuluk Singo Edan itu terusir dari kandang mereka di Malang yakni Stadion Kanjuruhan karena sanksi, bersamaan dengan renovasi stadion tersebut. Selama 1 musim Liga 1 2023/2024 Arema FC bermarkas di Pulau Dewata.

3. PSM Makassar

Tim Juku Eja itu pernah meminjam marks Bali United FC pada saat menjalani laga AFC tahun 2023 lalu. PSM Makassar melakoni laga di dase kualifikasi AFC Cup 2023 menjamu tamunya kala itu salah satu timnya adalah Yangon FC. PSM Makassar tak sendiri mewakili Indonesia di ajang AFC Cup, tim Juku Eja tersebut bersama Bali United berjuang membawa nama Indonesia di kancah Asia. Meski PSM Makassar harus terhenti di fase kualifikasi Grup H Zona ASEAN berakhir di posisi ketiga dengan raihan 10 poin.

3 dari 3 halaman

Stadion Taraf Internasional

4. Persikabo 1973 

Tim yang harus degradasi pada musim 2023/2024 lalu itu pernah meminjam stadion I Wayan Dipta selama setengah musim sebagai homebase mereka. Tim berjuluk Laskar Padjadjaran tersebut harus tereliminasi lantaran permainan mereka selama satu musim tidak mengalami kemajuan sehingga hanya bisa mengumpulkan 20 poin dan berada di dasar klasemen. Persikabo harus terdegradasi bersama Bhayangkara FC, dan Rans Nusantara.

5. PSBS Biak

Tim promosi Liga 2 pegadaian 2023/2024 PSBS Biak langsung meminjam Stadion I Wayan Dipta sebagai home base mereka karena Stadion Cenderawasih masih belum layak digunakan. Meski begitu mereka juga mendaftarkan Stadion Papua Bangkit dan Stadion Mandala sebagai kandang mereka. Sembari menunggu kesiapan stadion asli mereka selesai renovasi PSBS Biak dalam laga perdana mereka di Liga 1 2024/2025 telah mengguankan I Wayan Dipta untuk kandang tim berjuluk Badai Pasifik itu.

Untuk diketahui Stadion I Wayan Dipta sejak tahun 2015 dari tahun ke tahun selalu melakukan perubahan sehingga bisa menjadi stadion bertaraf internasional dengan billboard digital yang tidak kaleng-kaleng, rumput lapangan dengan kualitas terbaik, dan papan skor digital. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini