Sukses

Tambah Perolehan Medali, Asa PJ Gubernur Bali untuk Kontingen Bali di PON XXI Aceh

PJ Gubernur Bali berharap kontingen Bali untuk ajang PON XXI Aceh bisa meningkatkan prestasi dari hasil raihan PON Papu lalu.

Liputan6.com, Denpasar - Penjabat (Pj) Gubernur Bali SM Mahendra Jaya melepas kontingen Bali untuk mengikuti ajang PON XXI 2024 Aceh-Sumut (Sumatera Selatan). PJ Gubernur Bali berharap raihan prestasi khhususnya emas bertambah untuk dipersembahkan untuk masyarakat Bali. 

Dirinya optimistis atlet Bali akan mampu mendulang prestasi di ajang olahraga empat tahunan terbesar di Indonesia tersebut dan mempersembahkan kebanggaan bagi Pulau Dewata. Terlebih dalam PON Papua sebelumnya, atlet-atlet Bali mampu bertengger di posisi lima besar dengan raihan 28 medali emas.

"Saya yakin dan percaya, atlet yang akan bertanding adalah yang terbaik hasil seleksi serta pelatihan yang ketat, sehingga mampu mengharumkan pataka Bali Dwipa Jaya di PON Aceh-Sumut, melebihi raihan medali di PON Papua," kata Mahendra Jaya saat ramah tamah dengan kontingen Bali, Senin (19/8/2024).

Menurutnya, PON salah satu program strategis pemerintah untuk pendidikan dan membangun generasi muda yang sehat. "Pelaksanaan PON ke-21 ini merupakan momentum penting bagi Bali, mendukung peradaban yang lebih maju lewat olahraga serta menunjukkan kemampuan atlet Bali," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target pada Cabor Unggulan

Ia meminta kepada seluruh kontingen Bali bisa menjaga nama baik Bali dengan menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam meraih prestasi tinggi untuk mengharumkan nama Pulau Seribu Pura tersebut.

"Saya berikan apresiasi tinggi dan selamat berjuang di PON ke-21. Tanamkan semangat pantang menyerah untuk modal berlaga. Kesiapan, optimisme, dan tekad bulat kontingen Bali dapat memberikan prestasi gemilang. Ini saatnya memperjuangkan dan mengharumkan nama Bali," harap PJ Gubernur Mahendra.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali sekaligus Ketua Kontingen PON Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, menegaskan komitmennya untuk mengawal capaian prestasi atlet yang maksimal pada perhelatan PON kali ini.

"459 atlet dari 59 cabang mengikuti Pelatda didampingi 188 pelatih. Para atlet difokuskan pada program latihan, fisik, teknik, strategi, dan mental. Pelatda digelar di 16 titik pusat olahraga yang tersebar di Kota Denpasar, luar Denpasar, dan luar Bali," ungkapnya.

Ia menyebut tahap desentralisasi sudah dimulai sejak Februari 2023 alu dan TC Sentralisasi dimulai pada 10 Juli 2023. Darmawan melanjutkan, potensi besar untuk meraih medali akan datang dari sejumlah cabang unggulan seperti judo, pencak silat, tarung derajat, kriket, woodball, atletik, layar, dan lainnya.

"Harapan kami, lewat dukungan Pemprov terutama Bapak Pj Gubernur yang telah memberikan kontribusi dan dukungannya, para atlet akan mampu meraih prestasi maksimal," pungkasnya.

Pelepasan atlet kontingen Bali untuk PON XXI Aceh-Sumut ditandai dengan penyematan jaket oleh Pj Gubernur Bali kepada perwakilan atlet dan dilanjutkan dengan prosesi menghormati dan mencium pataka Bali Dwipa Jaya oleh atlet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini