Sukses

7 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi

Mengonsumsi buah-buahan yang berkhasiat tidak hanya dapat mengurangi gejala yang tidak nyaman selama menstruasi, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Liputan6.com, Padang - Secara biologis, tubuh perempuan akan secara alami mengalami menstruasi sejak masa pubertas dimulai sebagai bagian dari sistem reproduksi.

Menstruasi secara umum terjadi setiap bulan, dan perempuan biasanya akan mengalami berbagai gejala fisik dan emosional sebelum, saat, dan setelah menstruasi.

Untuk membantu tubuh menghadapi siklus menstruasi, berikut adalah 7 buah yang berkhasiat dan baik dikonsumsi saat menstruasi:

1. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh saat ovulasi. Vitamin C dalam jeruk juga membantu penyerapan zat besi, yang penting untuk menggantikan darah yang hilang selama menstruasi. Selain itu, jeruk dapat membantu mengatasi kelelahan akibat menstruasi.

2. Kiwi

Buah kiwi mengandung vitamin C dan K. Vitamin K penting untuk proses pembekuan darah, sehingga dapat membantu mengurangi pendarahan berlebih dan rasa nyeri saat menstruasi. Kiwi juga kaya akan serat, yang baik untuk pencernaan.

3. Buah Naga

Buah naga mengandung zat besi yang membantu mengurangi risiko anemia, yang sering kali terjadi saat menstruasi. Selain itu, kandungan serat dalam buah naga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Anggur

Anggur mengandung tembaga, serta vitamin A, C, dan B6. Buah ini dapat membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur, mengurangi kram akibat PMS, mengontrol tekanan darah, mencegah nyeri otot panggul, dan mengurangi perut kembung saat menstruasi.

5. Alpukat

Alpukat kaya akan nutrisi seperti lemak sehat, magnesium, kalium, serat, vitamin E, dan B6. Nutrisi-nutrisi ini membantu pembentukan sel darah merah, menyeimbangkan hormon, dan mengatur siklus menstruasi yang tidak teratur.

6. Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 yang tinggi, yang dapat membantu menyeimbangkan suasana hati yang tidak stabil saat menstruasi. Kalium dalam pisang juga membantu mengurangi kram otot saat menstruasi.

7. Apel

Apel kaya akan magnesium dan zat besi, yang dapat membantu mengatasi kram dan rasa lelah saat menstruasi. Apel juga membantu mengurangi retensi air, sehingga mencegah perut kembung.

Menstruasi mencerminkan keseimbangan hormonal dalam tubuh perempuan. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perhatian khusus agar kesehatan reproduksi tetap terjaga dengan baik.

Mengonsumsi buah-buahan yang berkhasiat tidak hanya dapat mengurangi gejala yang tidak nyaman selama menstruasi, tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.