Sukses

Intip, 6 Tempat Wisata Alam Memesona di Kuningan

Kuningan merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan wisata alam menarik. Berikut ini 6 rekomendasi tempat wisata cantik di Kuningan.

Liputan6.com, Bandung - Hari libur merupakan waktu yang selalu dinantikan terutama oleh orang-orang yang telah menjalankan rutinitas padat setiap harinya. Pasalnya, hari libur membuka kesempatan untuk mereka dapat menikmati hari dengan berlibur atau istirahat.

Sebagai informasi berlibur menjadi salah satu cara untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang padat. Banyak orang menikmati hari libur dengan mengunjungi tempat wisata menarik misalnya menikmati wisata alam.

Wisata alam menawarkan pengalaman yang menarik karena tidak hanya membantu seseorang melepaskan penat tetapi juga menenangkan jiwa. Misalnya, menikmati pemandangan indah, udara segar, atau sekadar bersantai dan lari dari kehidupan kota yang sibuk.

Alam juga memberikan kesempatan untuk meraih kenangan tidak terlupakan dengan keindahan alamnya. Di Indonesia sendiri wisata alam tidak sulit ditemukan karena hampir setiap daerah atau kota memiliki wisata alamnya yang menjadi daya tarik.

Terdapat banyak pilihan menarik yang bisa dinikmati misalnya menghabiskan waktu melihat keindahan hutan kota dan menghirup udara segar. Kemudian juga bisa meredakan stres dengan menenangkan pikiran.

Selain itu, terdapat juga wisata alam menarik seperti mengunjungi gunung, pantai, danau, atau air terjun yang memesona. Kegiatan tersebut sudah pasti memberikan pengalaman tidak terlupakan ketika tiba di tempat wisatanya.

Adapun salah satu kota yang wajib untuk dikunjungi tempat wisata alamnya adalah kota Kuningan yang ada di Jawa Barat. Melansir dari beberapa sumber berikut ini tempat wisata alam menarik yang ada di Kuningan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Tempat Wisata Alam Memesona di Kuningan

1. Palutungan & Curug Putri

Palutungan merupakan area perkemahan yang berlokasi di lereng Gunung Ciremai dan Curug Putri termasuk sebagai tempat wisata alam yang berada di kawasan tersebut. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Para pengunjung juga bisa menikmati air jernih hingga udara yang sejuk cocok untuk melakukan aktivitas trekking atau sekedar bersantai menikmati pemandangan. Diketahui tempat wisatanya berlokasi di kaki gunung Ciremai tepatnya di Kabupaten Kuningan.

Alamatnya sendiri berlokasi di Jl Palutungan, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan jam buka selama 24 jam. Lokasinya berjarak sekitar 10,8 km dari Kota Kuningan atau 21 menit perjalanan.

2. Telaga Remis

Telaga Remis merupakan tempat wisata alam cantik yang cocok dikunjungi untuk mendapatkan pengalaman suasana yang tenang. Pasalnya, telaga ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang memesona tetapi juga menawarkan suasana yang asri.

Telaga Remis dikenal sebagai danau yang mempunyai luas area sekitar 13 hektare dan secara keseluruhan memiliki luas telaga hingga 3,35 hektare. Selain itu udaranya juga terkenal sejuk cocok untuk bersantai dan healing.

Lokasi Telaga Remis berada di Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Pengunjung yang berasal dari pusat kota Kuningan bisa menempuh jarak 35 km atau 54 menit perjalanan.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Waduk Darma

Waduk Darma merupakan wisata alam menarik yang memiliki sejumlah fasilitas cukup lengkap. Pasalnya tempat ini memiliki kawasan perkemahan, perahu wisata, penginapan, wahana permainan anak, spot foto, dan lain-lain.

Saat ini Waduk Darma dikenal sebagai tempat untuk menampung air Sungai Cisanggarung dan menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Pasalnya tempat ini bisa melihat langsung danau yang dikelilingi oleh pemandangan hutan dan Gunung Ciremai.

Lokasi Waduk Darma berada di Waduk Darma, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.30 WIB. Tempat ini berjarak sekitar 13,1 km dari pusat kota Kuningan.

4. Telaga Nilam

Telaga Nilem merupakan tempat wisata cantik yang cukup populer di Kuningan karena menawarkan pemandangan alam yang indah. Tempat wisata ini bahkan dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan dan sering dikunjungi untuk berfoto.

Selain itu tempat wisata ini memiliki kesejukan alami yang membawa para pengunjungnya dapat merasakan ketenangan terutama untuk lari dari hiruk pikuknya perkotaan. Pengunjung juga bisa melihat ikan-ikan cantik yang berada di sekitar telaga.

Telaga Nilam berlokasi di Jl. Kaduela, Kaduela, Kec. Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Lokasinya berjarak sekitar 34,8 km atau 52 menit perjalanan dari pusat kota Kuningan.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Rock Garden Batu Luhur

Rock Garden atau batu Luhur merupakan tempat wisata cantik di Kuningan yang menawarkan pemandangan yang tak terlupakan. Pasalnya para pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil menaiki wahana menarik.

Misalnya menaiki wahana flying fox, sepeda santai, berkemah, jembatan gantung, atau bahkan berenang di kolam yang tersedia. Tempatnya juga terkenal dengan udara yang sejuk dan masih asri sehingga bisa menenangkan pikiran.

Lokasi Batu Luhur berada di Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

6. Curug Sidomba

Curug Sidomba merupakan tempat wisata alam mempesona yang memiliki pemandangan cantik air terjun yang indah. Curug ini tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi fasilitas lengkap yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya.

Diketahui Curug Sidomba mempunyai area bermain anak yang menyenangkan, kolam renang, flying fox, area mini zoo, hingga area perkemahan. Tempat wisatanya juga populer digunakan untuk menjadi wisata edukasi bersama anak.

Curug Sidomba berlokasi di Peusing, Jalaksana, Peusing, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dengan jam buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.