Sukses

Mengenal Asep Stroberi, Restoran Sunda Populer Wajib Dicoba

Asep Stroberi merupakan salah satu restoran populer yang menyajikan masakan sunda nikmat. Berikut ini sejarah, daya tarik, dan alamat cabang restorannya yang bisa dikunjungi.

Liputan6.com, Bandung - Masakan sunda merupakan salah satu sajian makanan yang terkenal dengan cita rasa segar, sederhana, namun menggugah selera. Makanan ini identik dengan bumbu rempah dan bahan-bahan yang segar dari alam.

Kuliner Sunda sering menawarkan sajian yang khas seperti nasi liwet, pepes ikan, sayur asem, ikan bakar, dan aneka sambal yang pedas dan nikmat. Makanan sunda juga populer karena rasanya yang sering berpadu satu yaitu rasa pedas, asam, dan manis.

Selain itu, masakan sunda juga sering dinikmati dengan suasana yang hangat dan penuh kekeluargaan. Pasalnya masakan ini biasa disajikan dengan gaya prasmanan dan menawarkan pilihan lauk yang beragam.

Ciri khas dari mengonsumsi masakan sunda juga ada pada kehadiran lalapan dari sayuran segar yang menjadi pelengkap untuk hidangan makanannya. Tentunya kehadiran lalapan tidak hanya melengkapi makanan tetapi juga mengandung nutrisi dan gizi yang baik.

Saat ini masakan sunda bisa dijumpai di berbagai tempat makan atau bahkan di restoran khusus masakan sunda. Misalnya salah satu tempat yang populer dan legendaris adalah restoran “Asep Stroberi”.

Hampir seluruh masyarakat sunda atau bahkan wisatawan yang gemar mengunjungi Jawa Barat mungkin pernah sekali dalam seumur hidupnya makan di restoran tersebut. Pasalnya tempat makan ini menjadi salah satu restoran yang wajib untuk dikunjungi.

Tempat makannya terkenal dengan beragam menu andalan salah satunya paket nasi liwet komplit, sayur asem, pepes ikan, atau bahkan ayam bakar yang berpadu nikmat dengan sambal khasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Restoran Asep Stroberi

Melansir dari situs resminya restoran Asep Stroberi berdiri dari sosok bernama “Kang Asep”. Diketahui sang pendiri berasal dari latar belakang keluarga yang pas-pasan dan menempuh pendidikan jurusan Seni Rupa di IKIP.

Sambil berkuliah sang pendiri juga pernah bekerja dengan menyablon, mendesain baliho, hingga membuat dekorasi taman untuk acara resepsi. Penghasilannya tersebut digunakannya untuk membiayai sekolah adik-adiknya.

Kang Asep juga diketahui sering setiap hari memasak nasi liwet untuk menu makanannya sehari-hari. Setelah selesai berkuliah bisnis pertama yang dilakukannya merupakan proyek bisnis eksterior dan interior pertamanan dan pervilaan.

Sementara bisnisnya dalam bidang kuliner pertama kali dimulai setelah bertemu dengan seorang dokter yang mempercayakan lahannya dikelola olehnya. Bersama dokter tersebut ia juga membuka budi daya stroberi dengan konsep stroberi petik sendiri.

Kemudian lokasi budidayanya yang jauh dari tempat makan, dia pun akhirnya memasakan nasi liwet untuk para pegawai yang kerja disana. Sampai suatu hari datang rombongan orang yang mencium aroma wangi nasi liwetnya dan mencicipi nasi liwet buatannya.

Sejak itu bisnisnya dalam bidang kuliner semakin terkenal terutama kabarnya berawal dari mulut ke mulut. Bisnis tersebut juga semakin meningkat hingga membuka restoran liwet pertama di daerah Nagreg bersama istrinya.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Restoran Asep Stroberi

Tempat makan ini memiliki tampilan rumah makan yang sederhana namun asri dan seperti berada di rumah. Bahkan tempat budidaya stroberi di rumah makannya juga masih tersedia dan menjadikan restorannya dikenal dengan nama “Asep Stroberi”.

Selain menu nasi liwetnya yang populer restoran ini juga memiliki beragam menu lauk lain yang menggugah selera. Bahkan terdapat pilihan lauk nikmat hingga paket makanan yang sudah dicampur bersama nasinya.

Bisnis restoran ini semakin besar dan memperluas fasilitasnya dengan berbagai fasilitas menarik. Mulai dari area tempat pemancingan, penginapan, kebun stroberi, dan terkenal dengan suasana restoran yang asri seperti bersantai di gazebo taman.

Tidak sedikit dijumpai juga sejumlah produk dari pengusaha UMKM seperti handicraft atau olahan makanan lain yang turut dijual di tempat tersebut. Kini Restorannya sudah bisa dijumpai di sejumlah daerah terutama di Jawa Barat.

Harga makanan di tempat ini juga bervariasi dan masih ramah dikantong terutama pengunjung bisa lebih hemat jika membeli paket makanan yang bisa dikonsumsi baik untuk 2 atau 4 orang.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Cabang Restoran Asep Stroberi

Restoran Asep Stroberi sudah memiliki puluhan cabang terutama di wilayah Jawa Barat mulai dar garut, Tasik, Bandung, hingga Bogor. Melansir dari situs resminya berikut ini beberapa cabang Asep Stroberi yang bisa dikunjungi:

Cabang Kota Tasikmalaya

  • Raja Kastrol: Jl. Letjen Mashudi (depan pos AU), Setiaratu, Kec. Cibeureum, Tasikmalaya, Jawa Barat.
  • Imah Mang Asep: Jl. Nagarawangi no. 188, Tasikmalaya.
  • Grill Garden: Jl. R. Ikik Wiradikarta No. 09, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.
  • Tasikmalaya-Kota: Jl. R. Ikik Wiradikarta No. 09, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Cabang Kabupaten Tasikmalaya

  • Ciawi: Jl. Raya Malangbong KM.5, Pamoyanan, Kec. Kadipaten, Tasikmalaya, Jawa Barat.
  • Singaparna: Jl. Garut - Tasikmalaya No.92, Cikunten, Kec. Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Cabang Garut

  • Cimaragas: Jl. Cimaragas No.95, Ngamplangsari, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
  • Tarogong: Jl. Otista No. 320, Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
  • Kadungora: Jalan Raya Kadungora No.245 Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Cabang Kabupaten Bandung

  • Nagreg: Jl. Raya Andir Kulon No. 145 Ciaro Nagreg, Kec. Nagreg, Bandung, Jawa Barat.
  • Cicalengka: Jl. Raya Bandung - Garut No. 29 KM 27,5 (Komplek Duta Family), Kec. Cicalengka, Bandung, Jawa Barat.

Cabang Kabupaten Bandung Barat

  • Lembang: Jl. Raya Lembang - Bandung No.177B, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
  • Asstro Lembang 72: Jl. Raya Lembang, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
  • Asstro Balepare Kota Baru Parahyangan: Kota baru The Food market, Komp, Kota Baru Parahyangan, Jl. Raya Padalarang, Komplek Bale Pare, Kertajaya, Kec. Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Cabang Subang

  • Asstro Highland Ciater: Jln Raya Bandung - Subang (samping pintu masuk obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu) Ciater, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini