Sukses

Jatim Buka Lowongan 2.314 Formasi CPNS, Adhy Karyono: Selamat Berjuang, Jangan Gunakan Calo

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyatakan, seleksi CPNS 2024 merupakan terbesar dalam sejarah perekrutan di lingkungan Pemprov Jatim.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2024. Tercatat 2.314 formasi, yang meliputi 1.800 formasi tenaga teknis dan 514 formasi tenaga kesehatan.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyatakan, seleksi CPNS 2024  merupakan terbesar dalam sejarah perekrutan di lingkungan Pemprov Jatim.

“Tahun ini, kita adakan kembali seleksi CPNS dengan total 2.314 formasi baik teknis maupun kesehatan. Ini adalah yang terbesar sepanjang sejarah perekrutan yang pernah ada di Jawa Timur,” ujarnya, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (20/8/2024).

Dari 2.314 formasi yang disediakan, kata Adhy, terbagi dalam formasi umum dan formasi khusus. Dimana, formasi khusus yang dibuka tahun ini mencakup 10 formasi untuk penyandang disabilitas dan 50 formasi bagi lulusan terbaik atau cumlaude.

Adhy menambahkan, seleksi CPNS Pemprov Jatim tahun 2024 diharapkan bisa memberikan peluang seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat baik yang fresh graduate maupun tidak, untuk menjadi bagian dalam keluarga besar Pemprov Jawa Timur.

"Pemprov Jatim berkomitmen menciptakan inklusivitas dalam dunia kerja dan mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) yang berprestasi untuk bergabung dalam jajaran ASN di lingkungan Pemprov Jawa Timur," katanya.

Adhy Karyono juga berpesan kepada seluruh calon pelamar agar mempersiapkan diri sebaik mungkin dan membaca keseluruhan persyaratan dengan teliti. Pasalnya, pada seleksi tahun ini, terdapat beberapa persyaratan administrasi yang wajib dipenuhi oleh pelamar.

Salah satu persyaratan itu adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 bagi lulusan Sarjana serta kepemilikan sertifikat Test of English as a Foreign Language (TOEFL) sebagai syarat dasar.

"Persyaratan ini diharapkan dapat menjaring calon-calon ASN yang tidak hanya berkompeten, tetapi juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai untuk mendukung tugas dan fungsi di lingkungan Pemprov Jawa Timur,” tuturnya.

Selain itu, seleksi CPNS 2024 juga akan menghadirkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Tambahan khusus untuk delapan jabatan yang berbasis Teknologi Informasi (IT). Hal ini, sejalan dengan visi Pemprov Jawa Timur untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan memperkuat digitalisasi dalam pelayanan publik.

"Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya untuk merekrut ASN yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga siap menghadapi tantangan zaman, terutama dalam era digital saat ini," jelas Adhy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Dipungut Biaya Alias Gratis

Adhy juga menegaskan bahwa seluruh tahapan pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2024 di lingkungan Pemprov Jatim baik untuk Tenaga Teknis maupun Tenaga Kesehatan tidak dipungut biaya.

"Semuanya gratis. Tidak ada pungutan biaya. Dan sistemnya sudah online serta transparan. Untuk itu saya imbau kepada seluruh calon peserta agar tidak mudah percaya atau bahkan menggunakan jasa calo dalam setiap tahapan seleksinya, yang meminta imbalan uang atau bentuk lainnya,” tegasnya.

“Selamat berjuang kepada seluruh calon peserta. Persiapkan diri dan manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Dan jadilah bagian dari Abdi Negara di keluarga besar Pemprov Jawa Timur,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.