Sukses

Pemprov Jabar Yakin Hattrick Juara Umum di PON XXI Tahun 2024 Aceh-Sumatra Utara

Pada PON XXI/2024 menjadi momentum bagi Jawa Barat untuk menciptakan sejarah hattrick juara umum.

Liputan6.com, Bandung - Provinsi Jawa Barat (Jabar) yakin meraih juara umum tiga kali berturut-turut (hattrick) dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh dan Sumatra Utara.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin, keyakinannya tersebut mengingat persiapan atlet yang maksimal berkat dukungan fasilitas sport science di Jabar.

"Tadi kita lihat (penayangan) video bahwa Jabar hattrick bukan sekadar mimpi karena kontingen ini sudah disiapkan sejak Januari 2024. Ketua Umum KONI Jabar juga menyebut penggunaan sport science. Saya rasa Jabar hattrick bukanlah mimpi dan kita bisa mewujudkannya," ujar Bey dalam siaran resminya, Bandung, (19/8/2024).

Bey menuturkan pula, pada PON XXI/2024 menjadi momentum bagi Jawa Barat untuk menciptakan sejarah hattrick juara umum.

"Kita buktikan dalam sejarah bahwa Jawa Barat mampu nelakukan hattrick (juara umum) PON," ucap Bey.

Agar hal itu tercapai, Bey mengingatkan kepada Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Jabar agar memperhatikan kondisi atlet dalam berbagai kebutuhannya sehingga mereka bisa fokus dalam setiap pertandingan yang dijalani.

"Para atlet jangan dibebani lagi memikirkan makan, laundry, dan transpor agar atlet hanya fokus untuk pertandingan sehingga mereka dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat Jawa Barat. Karena atlet-atlet ini adalah yang terbaik di Jawa Barat dan tunjukkan pula bahwa kalian juga yang terbaik secara nasional," kata Bey.

Kontingen Jabar pada perhelatan PON 2024 dipimpin oleh Kepala Polda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Bey menilai Wiyagus merupakan sosok yang bisa memberikan semangat dengan maksimal kepada para atlet untuk meraih hasil yang terbaik.

"Saya yakin Pak Akhmad Wiyagus bisa membakar semangat para atlet dalam mewujudkan Jabar hattrick," ucap Bey.

Sementara itu, Ketua KONI Jabar M Budiana meyakini Jabar hattrick dapat direalisasikan karena persiapan yang dilakukan menggunakan sarana prasarana sport science mulai Januari 2024.

"Pelatda PON dimulai Januari 2024 yang didukung oleh sport science. Tantangan dan rintangan akan dihadapi. Mudah-mudahan kita bisa mempersembahkan kepada rakyat Jabar hattrick juara umum PON tiga kali berturut-turut," ungkap Budiana.

Pada perhelatan PON XXI di Aceh Sumut, Jabar memberangkatkan sebanyak 1.029 atlet dan ofisial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontingen PWI Jabar ke Porwanas XIV Kalsel

Sementara itu, Bey Machmudin melepas kontingen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar untuk mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Tahun 2024 di Kalimantan Selatan.

Pelepasan kontingen PWI Jabar sebanyak 65 orang ini dilakukan di area Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (18/8/2024). Bey meyakini atlet PWI Jabar dapat meraih prestasi dalam ajang Porwanas ini.

"Saya yakin bahwa rekan-rekan wartawan dari PWI Jawa Barat mampu menghadapi dan melewati semua tantangan dengan baik. Saya mendukung penuh PWI Jabar yang akan berkompetisi dalam Porwanas XIV Tahun 2024, yang akan diselenggarakan mulai tanggal 19 sampai 26 Agustus 2024 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan," ," ucap Bey.

Bey menilai, prestasi atlet PWI Jabar dapat diraih asalkan dilakukan dengan proses perjuangan secara simultan dalam perhelatan tersebut. Namun kemenangan bukan diukur dari hasil akhir, tapi proses yang dilalui.

"Keberhasilan bukan semata-mata diukur dari hasil akhir, tetapi juga dari proses perjuangan dan usaha yang dilakukan," sebut Bey.

Karena itu Bey berpesan agar atlet mengedepankan sportivitas dan tanggung jawab dalam setiap pertandingan yang diikuti serta mengutamakan nilai-nilai kejujuran.

"Oleh karena itu, saya berpesan agar selalu menjunjung tinggi sportivitas, nilai-nilai kejujuran, menjaga kesehatan, dan tetap saling mendukung satu sama lain Saya juga mengucapkan selamat bertanding. Semoga dapat meraih prestasi yang membanggakan dan membawa pulang medali-medali kemenangan untuk Jawa Barat," ," sebut Bey.

Bey menjelaskan pula bahwa wartawan bukan hanya sebagai penyampai berita, tetapi juga merupakan agen perubahan yang memegang peran penting dalam menjaga dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan.

"Saya berharap semangat kebersamaan ini dapat terus terjaga bahkan semakin kokoh dalam setiap langkah yang kita ambil. Porwanas menjadi salah satu sarana bagi para wartawan untuk berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga, mempererat silaturahmi, serta meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik," ungkap Bey.

Total kontingen PWI Jabar pada Porwanas XIV/2024 sebanyak 65 orang, terdiri dari atlet 53 orang dan ofisial 12 orang.

Mereka akan bertanding pada sembilan cabang olahraga, yaitu atletik, biliar, bridge, bulu tangkis, catur, tenis lapangan, tenis meja, e-sport, dan domino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.