Sukses

Gunung Marapi Meletus Lagi, Warga Sempat Panik Dengar Suara Dentuman dan Rasakan Getaran

Gunung Marapi di Sumbar kembali meletus, Rabu (21/8/2024).

 

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Marapi di Sumbar kembali meletus, Rabu (21/8/2024). Rizal Sutan Mangkuto, seorang warga menyebutkan, warga merasakan getaran dan sempat panik.

"Banyak warga berhamburan keluar rumah. Kami panik karena trauma letusan Gunung Marapi sebelumnya menimbulkan banjir lahar dingin," katanya, seperti dikutip Antara.

Rizal bersama warga di Jorong Cangkiang, Nagari Batu Taba, Kabupaten Agam, menyampaikan bahwa letusan Gunung Marapi diawali dengan dentuman kuat.

"Banyak warga kaget langsung menghadap ke Gunung Marapi. Tapi tinggi letusan tidak terlihat karena tertutup awan," ujarnya.

Sementara itu, Ahli geologi dan vulkanologi Ade Edward menduga letusan Gunung Marapi dipicu curah hujan yang turun menghujani dapur magma gunung tersebut.

"Ini pengaruh dari tingginya aktivitas magma gunung api yang bertemu langsung dengan curah hujan selama beberapa waktu terakhir," kata Ade Edward di Padang, Rabu (21/8/2024). 

Ade mengatakan, letusan gunung api 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu merupakan tipe freatik. Artinya, adanya aktivitas air yang jenuh di kawasan kawah gunung, kemudian bertemu langsung dengan dapur magma, sehingga memicu letusan.

Apalagi selama beberapa hari terakhir hujan terus mengguyur di sekitar kawasan gunung api tersebut. Air yang terakumulasi di dapur magma kemudian melepaskan tekanan ke permukaan.

"Jadi, ini terkait dengan kandungan air di puncak gunung api itu," katanya.

Ade juga mengatakan bahwa meskipun status Gunung Marapi sudah diturunkan dari level siaga menjadi waspada per 1 Juli 2024 oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), bukan berarti tidak ada lagi ancaman letusan.

Ade mengingatkan masyarakat, terutama yang bermukim di sekitar gunung api tersebut selalu meningkatkan kewaspadaan. Sebab, sewaktu-waktu gunung itu bisa saja erupsi.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Radius Aman

Berdasarkan laporan Pos Pengamatan Gunung Api, Gunung Marapi kembali meletus pada Rabu siang pada pukul 12.40 WIB. Namun, tinggi kolom abu tidak teramati oleh instansi tersebut.

Erupsi tersebut terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 milimeter dengan durasi sekitar 48 detik.

Salah satu rekomendasi yang dikeluarkan PVMBG ialah melarang masyarakat yang bermukim di sekitar gunung api itu, termasuk pengunjung dan wisatawan, memasuki atau beraktivitas di dalam wilayah radius tiga kilometer dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.