Sukses

Unesa Siapkan 4 Hektare Lahan, Buka Kampus Baru di IKN

Unesa sudah menyiapkan lahan sekitar 4 hektare untuk investasi dan mengelola pendidikan di sana. Lokasi yang direncanakan sebagai kawasan kampus Unesa berjarak sekitar 3,5 km dari lokasi upacara HUT ke-79 Republik Indonesia kemarin.

Liputan6.com, Surabaya - Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Nurhasan memaparkan rencana besar ke depan, salah satunya membuka dua kampus yaitu kampus keenam untuk bidang peternakan dan pertanian di Pacet, Mojokerto dan kampus ketujuh di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Untuk di IKN, lanjut Nurhasan, Unesa sudah menyiapkan lahan sekitar 4 hektare untuk investasi dan mengelola pendidikan di sana. Lokasi yang direncanakan sebagai kawasan kampus Unesa berjarak sekitar 3,5 km dari lokasi upacara HUT ke-79 Republik Indonesia kemarin.

“Pembangunannya mungkin tahun depan sudah mulai disiapkan. Ini masih kami rapatkan dan bahas lebih lanjut bersama jajaran terkait termasuk pihak Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN)," ujar Nurhasan, Rabu (21/8/2024).

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alumuddin mengapresiasi langkah Unesa yang membuka kampus di IKN. Langkah ini penting dilakukan, karena visi IKN menjadi kota dunia, kata kuncinya ialah SDM (Sumber Daya Manusia) melalui pendidikan.

Ia juga mengapresiasi pimpinan Unesa yang berani mengambil sikap dan mengambil bagian dari rencana besar dan strategi pemerintah untuk Indonesia ke depan. Dia menegaskan bahwa IKN itu sifatnya terbuka oleh siapa saja.

"Rektor ini (Cak Hasan) luar biasa beraninya mengambil sikap di antara ketidakpastian. Saat orang ragu-ragu, Pak Rektor langsung sodorkan visinya dan bilang ingin mendirikan Unesa di sana. Apresiasi buat beliau, semoga ini menjadi kolaborasi yang semakin memajukan bangsa dan negara," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khofifah Bangga dengan Langkag Unesa

Terobosan Unesa ini mendapat respons positif dari berbagai pihak salah satunya Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur periode 2019-(Februari) 2024. Ia menyampaikan rasa bangganya dengan perkembangan Unesa.

Apalagi, tambah Khofifah, Unesa menjadi satu-satunya PKherguruan Tinggi Negeri atau PTN yang mendapat kesempatan membuka kampus atau prodi yang dibutuhkan untuk pengembangan IKN.

Menurutnya, ini merupakan amanah dari pemerintah untuk mengembangkan SDM Indonesia, terutama di IKN.

Dies Natalis ke-60 UNESA ini menjadi starting point yang luar biasa untuk terus tumbuh dan melaju di antara world class university lainnya, sehingga pengabdian Unesa tidak hanya skala nasional, tetapi juga global.

"Selamat Dies Natalis ke-60 untuk Unesa, tetaplah maju-melaju dan teruslah mengembangkan sayap di antara perguruan tinggi kelas dunia yang luar biasa. Sukses untuk Unesa," ujar Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.