Sukses

Melihat Peluang Reksa Dana untuk Kemerdekaan Finansial

Reksa dana dapat menjadi bagian dari perencanaan keuangan setiap individu karena terdapat pilihan produk yang beragam dengan berbagai potensi tingkat penghasilan, dan penyeseuaian profil risiko investor,

Liputan6.com, Jakarta - Mencapai merdeka finansial merupakan upaya meraih kebebasan mengelola keuangan dan berbagai tujuan kehidupan yang memerlukan konsistensi dan rencana untuk mencapainya. Reksa Dana tentunya dapat menjadi bagian dari strategi perencanaan keuangan yang bisa dimodifikasi untuk berbagai kebutuhan dan cita-cita masa depan.

Direktur Utama BRI Manajemen Investasi (BRI-MI), Tina Meilina mengungkapkan bahwa optimalisasi investasi reksa dana dengan melakukan diversifikasi produk dan risiko sangat mungkin dilakukan, mengingat reksa dana memiliki berbagai kelas aset yang bisa disesuaikan dengan tujuan investasi.

“Reksa dana dapat menjadi bagian dari perencanaan keuangan setiap individu karena terdapat pilihan produk yang beragam dengan berbagai potensi tingkat penghasilan, dan penyeseuaian profil risiko investor,” ujar Tina.

Bagi investor pemula maupun yang sudah memiliki tingkat literasi keuangan yang baik, reksa dana jenis pasar uang bisa mejadi pilihan pertama karena memiliki tingkat risiko yang rendah dengan imbal hasil optimal. Produk ini bisa menjadi pilihan untuk penempatan dana jangka pendek maupun menengah dengan sifatnya yang likuid. 

Produk reksa dana pasar uang juga menjadi pilihan favorit bagi investor reksa dana BRI-MI. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan AUM produk reksa dana pasar uang yang cukup signifikan selama satu tahun terakhir. 

Pertumbuhan AUM reksa dana pasar uang di BRI-MI adalah sebesar 30.21% atau menyentuh angka 6.75 Triliun Year on Year (YoY). Hal ini menunjukan kepercayaan investor untuk menempatkan dana ke produk reksa dana pasar uang di BRI-MI.

Dengan demikian, reksa dana dapat dijadikan langkah awal seseorang ketika mulai melakukan investasi untuk mencapai merdeka finansial. Selain reksa dana pasar uang, bagi investor yang menginginkan pertumbuhan jangka menengah sampai panjang dengan fitur imbal hasil bulanan, dapat diversifikasi ke produk reksa dana campuran BRI-MI yaitu Reksa Dana BRI Balanced Regular Income Fund (BRIF). Produk ini menjadi bagian dari penghargaan dengan kategori Product Enhancement of the Year dari Marketeers Award pada tahun 2024 yang diperoleh BRI-MI.

“Merdeka finansial dapat dicapai ketika seseorang telah memiliki kecukupan aset, pendapatan, dan pemahaman investasi yang memadai untuk membiayai masa depan mereka, terutama ketika mereka sudah tidak lagi berada dalam usia produktif. Produk reksa dana kami dikelola secara profesional untuk menjadi sahabat bagi para investor dalam perjalanan mencapai merdeka finansial,” ucap Tina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat permodal yang selanjutnya diinvestasikan.

    Reksa Dana