Sukses

Hidupkan Pramuka dari Ranting, Kolaborasi Sukseskan Jambore di Kutai Kartanegara

Jambore Gerakan Pramuka di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara diikuti lebih dari 520 peserta.

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Banyak momen penting di Bulan Agustus selain Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari Pramuka diperingati setiap 14 Agustus dengan ragam kegiatan, salah satunya jambore.

Maka jambore pada struktur paling bawah tentu saja yang paling ditunggu. Sebab langsung mewakili sekolah masing-masing. Pesertanya pun merupakan siswa yang aktif mengikuti kegiatan pramuka di sekolah.

Begitu pula saat Jambore Ranting Gerakan Pramuka Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara sekaligus pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pramuka. Pelaksanaan jambore ranting ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Indominco Learning Centre (ILC).

“Saya senang anak-anak saya dari berbagai sekolah berkumpul saling bersilaturahmi. Itulah makna jambore ini,” kata Camat Marangkayu, Ambo Dalle saat upacara pembukaan Jambore.

Jambore Ranting Gerakan Pramuka Marangkayu dilaksanakan pada 11- 14 Agustus 2024. Acara intinya tentu saja memperingati Hari Pramuka.

Ambo Dalle menekankan pentingnya kegiatan Pramuka bagi siswa sekolah sebagai bentuk kegiatan ekstakurikuler yang sangat bermanfaat bagi siswa. Apalagi siswa yang menjadi peserta

Jambore ini juga sebagai bukti nyata koordinasi dan kolaborasi banyak pihak dalam mendukung gerakan Pramuka. Bentuk dukungan koordinasi baik serta kaloborasi dari pemerintah desa dan kecamatan serta perusahaan sekitar Kecamatan Marangkayu.

Misalnya soal lokasi Jambore yang berada di  Bumi Perkemahan Indominco Learning Centre (ILC) yang dikelola PT Indominco Mandiri.

Tercatat ada 26 sekolah se-Kecamatan Marangkayu dengan jumlah peserta lebih dari 520 orang. Jumlah sebanyak itu masih ditambah lebih dari 100 orang pembina, bina damping dan Dewan Kerja Ranting (DKR).

Selain memperingati hari Pramuka, dengan tagline “gembira terampil berkarakter”, diharapkan para peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan gembira. Pada akhirnya nanti setelah kegiatan ini mereka bisa menjadi anggota pramuka yang lebih terampil dan berkarakter, untuk mempersiapkan mereka dalam menyongsong era digitalisasi dan globalisasi yang semakin menantang.

Tidak hanya menyasar pada anak-anak peserta Jambore, kegiatan ini juga memberikan manfaat pada masyarakat sekitar Lokasi kegiatan. UMKM lokal bermunculan dan tentu saja menghasilkan pendapatan.

Para pelaku UMKM yang menawarkan berbagai jenis makan bagi peserta dan pengunjung kegiatan. Asriani misalnya, berjualan makanan ringan untuk memudahkan peserta berbelanja.

“Kegiatan ini selalu dinanti warga di sini dan kebetulan banyak warga di sini yang berjualan, lumayan meningkatkan UMKM mereka sehingga ada pemasukan,” kata Asriani.

Warga yang tinggal di sekitar Bumi Perkemahan Indominco Learning Centre mayoritas berkebun. Banyak kegiatan di tempat ini, termasuk Jambore Gerakan Pramuka, bisa menambah pendapatan warga setempat.

PT Indominco Mandiri sendiri memang sejak awal mendukung kegiatan semacam ini. Sebab punya banyak efek ekonomi dan bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini