Sukses

Saatnya Warga Garut Pesta Makanan Bergizi Lewat Lasato Fest 2024

Kegiatan Lauk Sasatoan Festival (Lasato Fest) 2024 menyuguhkan ragam kegiatan seperti Gerakan Minum Susu (Gerimis), Gerakan Makan Telur (Germatel), dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bersama 3.000 anak.

Liputan6.com, Garut - Untuk meningkatkan minat konsumsi asupan makanan bergizi masyarakat, Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak), Garut, Jawa Barat, menggelar kegiatan Lauk Sasatoan Festival (Lasato Fest) 2024.

Kegiatan yang dipusatkan di SOR RAA Adiwijaya, Tarogong Kidul, Garut itu, menyuguhkan ragam kegiatan edukatif seperti Gerakan Minum Susu (Gerimis), Gerakan Makan Telur (Germatel), dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bersama 3.000 anak.

Kemudian fashion domba kuring (Kukurilingan), pameran ternak, aneka satwa, ikan, bahari, dan olahan, lomba pembuatan olahan makanan dari ikan dan daging, lomba mewarnai antar PAUD, TK, dan SD, lomba fotografi di lokasi event Lasato Fest 2024, Pelayanan Kesehatan Hewan (Vaksinasi Rabies dan Konsultasi), hingga donor darah.

“Kegiatan ini adalah upaya lain dalam rangka melakukan edukasi kepada masyarakat yang bertujuan mendukung upaya zero new stunting,” ujar Sekda Kabupaten Garut, Nurdin Yana, Rabu (21/8/2024).

Menurutnya, penerapan asupan protein dan makanan bergizi bagi anak-anak, harus menjadi prioritas bagi orang tua dalam mendukung tumbuh kembang buah hati mereka.

“Setidaknya akan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya orang tua (dan) guru-guru, karena besok itu kan ada gerakan program makan gratis,” papar dia.

Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Peternakan dan Perikanan, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, Kementerian Koordinator Perekonomian, Pujo Setio mengapresiasi festival Lasato Fest yang dihelat Pemda Garut.

Menurutnya, kegiatan itu diharapkan menjadi pemecut dalam mendorong hadirnya pertumbuhan ekonomi, seiring meningkatnya konsumsi produk lokal yang berpotensi menggerakan sektor UMKM di daerah. “Semua akan terserap baik dalam bentuk segar, maupun dalam bentuk olahan,” ujar dia.

Sebagai daerah agraris nan subur, Garut memiliki potensi besar menjadi produsen pangan dalam jumlah yang melimpah. Mulai perikanan darat seperti ikan nila, kemudian produsen daging ayam dan telur.

“Kalau seandainya semua daerah bisa mengembangkan dengan potensinya masing-masing, tentunya ini akan menggerakkan perekonomian daerah sehingga pembangunan daerah bisa tercapai,” papar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak UMKM Naikan Nilai Tambah

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Garut, Beni Yoga Gunasantika menambahkan. Tujuan utama festival Lasato Fest 2024 diharapkan, mampu mendorong pelaku usaha UMKM perikanan dan peternakan, berlomba meningkatkan nilai tambah dan daya saing melalui pengolahan yang menarik dan beragam.

“Dari peningkatan nilai tambah dan ekonomi daya saing tadi, pengolahan tentu ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Garut sehingga LPI (Laporan Perekonomian Indonesia) kita makin bagus ke depannya,” ujar dia.

Seperti diketahui Lasato Fest 2024 berhasil menarik lebih dari 4.000 peserta, termasuk 3.000 siswa SD dan SMP serta 750 anggota Pramuka. Selain itu, Diskannak Garut juga menyediakan layanan kesehatan hewan, termasuk 100 vaksin rabies untuk hewan kesayangan yang dibawa oleh pengunjung.

Selain itu, Diskannak Garut juga menyediakan pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan, dengan menyediakan 100 vaksin rabies, yang diperuntukan bagi hewan kesayangan yang dibawa dalam kegiatan hari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.