Sukses

Ada Kunjungan Iriana Jokowi, Aksi Kawal Putusan MK di Makassar Dibubarkan

Lokasi aksi demo memang menjadi salah satu jalur yang dilintasi Iriana Jokowi di Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Sejumlah massa dari Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) menggelar aksi unjuk rasa di pertigaan Jalan AP Pettarani-Jalan Letjen Hertasning, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis (22/8/2024) siang. Aksi itu dilakukan untuk mengawal putusan MK Nomor 60/PPU-XXII/2024 dan Nomor 70/PPU-XXII/2024. 

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi aksi, massa berorasi secara bergantian dan menyuarakan agar mengawal putusan MK tersebut di DPR. Aksi ini dipicu lantaran adanya indikasi DPR bakal mengabaikan putusan MK tersebut. 

"Putusan MK Nomor 60 dan 70 adalah keinginan rakyat. Jika DPR melakukan pembangkangan konstitusi maka itu adalah penghianatan terhadap rakyat," kata Musa, salah satu orator aksi. 

Tak cukup sejam massa melakukan orasi dan membakar ban dalam aksi kawal putusan MK tersebut, mereka lalu dibubarkan secara paksa oleh aparat gabungan dari TNI dan Polri. Sempat terjadi saling dorong antara massa aksi dan aparat pengamanan di lokasi demo. 

Alasan pembubaran paksa tersebut adalah karena adanya kunjungan Iriana Joko Widodo di Kota Makassar. 

Berdasarkan Informasi yang diterima, Iriana Jokowi berkunjung ke Makassar untuk menghadiri sejumlah kegiatan. Di antaranya adalah menghadiri Talkshow Sosialisasi Anti Narkoba di Four Points Hotel Makassar dan menghadiri sosialisasi pengelolaan komoditas hortikultura skala rumah tangga di AAS Building. 

Dari sejumlah kegiatan istri Presiden Joko Widodo itu, Jalan AP Pettarani memang menjadi salah satu akses yang dilintasi oleh Iriana.

Hingga saat ini sejumlah aparat gabungan dari TNI, Polri dan Dinas Perhubungan masih terlihat melakukan pengamanan di sepanjang Jalan AP Pettarani. 

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.