Sukses

Massa Aksi Kawal Putusan MK Membubarkan Diri Setelah Dapat Janji Dari Ketua DPRD Sulsel

Ketua DPRD Sulsel Janji Bawa Aspirasi Pengunjuk Rasa ke DPR RI, Massa Aksi Kawal Putusan MK Membubarkan Diri

Liputan6.com, Makassar - Massa aksi unjuk rasa 'Peringatan Darurat' untuk mengawal putusan MK yang sebelumnya menduduki Kantor DPRD Sulsel pada Kamis (22/8/2024) sore akhirnya membubarkan diri. Hal itu setelah Ketua DPRD Sulsel Ina Kartika Sari berjanji akan mengawal aspirasi mereka ke DPR RI. 

"Saya Ina Kartika Sari, tentunya sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan hari ini, saya berdiri disini mewakili pimpinan dan seluruh anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan insya Allah akan mengawal apa yang adik-adik sampaikan dan inginkan," kata Ina kepada massa aksi di halaman Kantor DPRD Sulsel, Kamis (22/8/2024) sore. 

Ina menjelaskan bahwa keresahan dan suasana batin seluruh pengunjuk rasa sama dengan apa yang dirasakan oleh dirinya. Politisi Partai Golkar itu bahkan mendoakan agar perjuangan para massa aksi untuk mengawal putusan MK mendapat lindungan dari Tuhan. 

"Tentunya apa yang adik-adik sampaikan semuanya inilah juga menjadi tentu yang kami harapkan. Suasana batin adik, sama dengan suasana batin yang ada pada kami," ucap Ina. 

Usai mendengar janji dari Ketua DPRD Sulsel tersebut, seluruh massa aksi pun sontak bersorak. Tak lama berselang mereka pun langsung membubarkan diri dan meninggalkan Kantor DPRD Sulsel. 

Terpisah Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib mengaku bersyukur aksi kawal putusan MK yang dilakukan untuk mengawal putusan MK dan menikah revisi UU Pilkada berlangsung aman. 

"Alhamdulillah berlangsung aman, mereka memang tadi janji kalau sudah ketemu Ketua DPRD akan bubar secara tertib," kata Ngajib kepada wartawan. 

Ngajib menjelaskan bahwa, selain di lokasi aksi DPRD Sulsel, massa yang juga sebelumnya memadati kawasan Fly Over saat ini telah membubarkan diri. Ia memastikan aksi unjuk rasa kawal putusan MK di Makassar berlangsung kondusif. 

"Secara keseluruhan semua sudah kondusif. Massa aksi sudah pulang ke kampus mereka masing-masing," ucapnya. 

 

Simaklah video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.