Sukses

KPU Sampaikan Putusan MK Syarat Pencalonan, Mahasiswa Deklarasi Wujudkan Pilkada Damai

Polda Riau menggandeng mahasiswa untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah aman dan damai disaksikan KPU serta Bawaslu.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepolisian Daerah (Polda) Riau terus mematangkan pengamanan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Semua pihak dirangkul menciptakan Pilkada damai dan aman, termasuk organisasi mahasiswa.

Salah satunya mengadakan diskusi panel dan deklarasi Pilkada 2024 damai dengan merangkul Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badko Sumbagtera. Kegiatan ini diinisiasi oleh Direktorat Intelijen dan Keamanan.

 

Polisi menghadirkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Provinsi Riau. Instansi penyelenggara pemilu itu memberikan edukasi terkait tahapan Pilkada, pengawasan hingga potensi konflik serta membahas isu krusial.

Dalam diskusi itu, Ketua KPU Provinsi Riau, Rusidi Rusdan, menyampaikan mengenai tahapan dan jadwal Pilkada 2024, termasuk perubahan syarat pencalonan yang ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi.

Sementara Ketua Bawaslu Provinsi Riau Alnofrizal menjelaskan, tugas dan wewenang Bawaslu dalam mengawasi dan menangani pelanggaran selama proses Pilkada.

Kasudbit Politik Dit Intelkam Polda Riau, AKBP Wawan Setiawan mengatakan digelarnya diskusi panel ini intim memberikan gambaran mengenai potensi konflik dan pemetaan kerawanan yang perlu diantisipasi dalam Pilkada 2024.

"Kami sampaikan kepada para mahasiswa sejumlah faktor seperti residu Pilkada sebelumnya, permasalahan tapal batas, dan potensi kerawanan pada tahapan-tahapan inti Pilkada," kata Wawan Kamis malam, 22 Agustus 2024.

Hal itu disampaikan agar para mahasiswa dapat membantu melakukan upaya pencegahan konflik khususnya di lingkungan masing-masing.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi

Mewakili para mahasiswa, Ketua HMI Badko Sumbagtera, Gopinda Aditya Putra, mengajak seluruh peserta untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu hoaks yang beredar di media sosial.

"Saat ini di media sosial yang membuat statement provokasi, untuk itu kami sebagai mahasiswa dari HMI Badko Sumbagtera berupaya untuk menetralisir agar pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Riau, dapat berjalan secara damai," ungkapnya.

Seusai diskusi para mahasiswa langsung melaksanakan deklarasi Pilkada Damai 2024 yang berbunyi:

  • Ikut bersama-sama mewujudkan Pilkada yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
  • Menjunjung tinggi integritas diri agar tidak terpengaruh dengan berita provokasi di media sosial.
  • Berpartisipasi aktif untuk menggelorakan demokrasi yang cerdas, sehat, dan tanpa hoaks di dalam lingkungan kampus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.