Sukses

Lima Makanan yang Membantu Memperlambat Proses Penuaan

Salah satu cara agar Anda dapat memperlambat proses penuaan kulit adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, beberapa bagian tubuh pun akan mengalami perubahan. Salah satunya adalah kulit, elastisitas kulit akan mengalami perubahan yang signifikan.

Hal ini dikarenakan kulit mengalami penurunan produksi kolagen dan elastin serta penurunan produksi kulit.

Salah satu cara agar Anda dapat memperlambat proses penuaan kulit adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, antioksidan, dan makanan yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh.

Berikut makanan yang dapat memunda penuaan yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan kulit Anda. Kandungan lemak alpukat dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan fungsi barrier kulit.

Sumber vitamin E sebagai antioksidan untuk melindungi kerusakan dari paparan sinar matahari serta polusi. Selain Vitamin E, terdapat juga Vitamin C untuk sintesis kolagen kulit, membantu kekuatan pada elastisitas kulit Anda. Buah alpukat juga menjaga kesehatan pencernaan Anda.

2. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan fermentasi yang kaya akan manfaat termasuk menunda penuaan. Kandungan yoghurt diantaranya kaya akan probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Sumber protein yang berkualitas sehingga menjaga prokusi kolagen dan elastin kulit Anda. Berbagai vitamin seperti vitamin B untuk kesehatan kulit dan metabolisme, serta vitamin D untuk mendukung kesehatan kulit dan tulang. K

andungan air di dalam yughurt menjaga kelembapan kulit Anda. Selaik itu yoghurt juga dapat menjadi antioksidan yang membanntu menangkal radikal bebas dan mengurangi kerusakan oksidatif pada jaringan sel kulit Anda.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buah Semangka

Buah ini kaya akan kandungan air membuatnya menjadi buah yang enak disantap saat udara terasa panas. Selain itu ternyata buah semangka juga baik untuk kesehatan kulit dan dapat menunda penuaan.

Buah semangka kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas serta membantu melindungi dari papara sinar matahari. Mengandung 92% air yang baik untuk menjaga kelembapan kulit dan menghindarsi tubuh.

Vitamin A yang terkandung dalam semangka membantu dalam meregenerasi sel kulit serta kesehatan kulit Anda.

Sebagai anti-infalamsi melalui fitokimia yang dapat membantu mengurang peradanagn ditunuh termasuk pada kulit yang dapat menunda proses penuaan.

4. Buah Stroberi

Buah stroberi mengandung antisianin dan flavonoid sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kulit Anda dari kerusakan. Vitamin C yang berperan untuk produksi kolagen, antioksidan untuk melawan radikal bebas serta menjaga elastisitas kulit.

Asam ellagic sebagai anti-infalamsi yang menjaga kulit Anda dari peradangan dan kerusakan akibat paparan sinar matahari maupun polusi. Serta menjaga hidrasi kulit melalui kandungan air dari buah stroberi.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond. walnut, dan kacang hazel mengandung lemak tak jenuk yang baik untuk menjaga kelembapan kulit Anda, mengurangi peradangan serta menunda penuaan kulit.

Kaya akan antioksidan untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari dan polusi melalui Vitamin E, polifanol untuk melawan kerusakan pada kulit.

Sumber protein nabati dari kacang-kacangan baik untuk menjaga kekuatan dan elastisitas kulit serta mendukung regenerasi jaringan sel kulit.

Kandungan fitokimia sebagai anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit Anda dan menunda proses penuaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.