Sukses

Dies Natalies ke 29 Fakultas Psikologi Undip: Mengenali dan Menghargai Perbedaan

Diversity, Equity, and Inclusion adalah konsep dan praktik untuk mengenali dan menghargai perbedaan. Tema ini menjadi isu sentral peringatan Dies Natalies ke 29 Fakultas Psikologi Undip.

Liputan6.com, Semarang - Dies Natalies ke 29 Fakultas Psikologi Undip ditandai dengan orasi ilmiah bertema “Diversity, Equity, and Inclusion: A Challenge for Family and Society”.

Tema ini dipilih sesuai prinsip “No One Left Behind”, suatu komitmen semua negara anggota PPB untuk mengakhiri kemiskinan ekstrim, mengekang ketidaksetaraan, menghadapi diskriminasi, dan mempercepat kemajuan bagi yang masih tertinggal. 

Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof Dian Ratna Sawitri, Ph.D menyebut Program studi S1 Psikologi telah terakreditasi internasional dan unggul.

"Salah satu jurusan terfavorit di Undip dalam 4 tahun terakhir,* katanya.

Release Edu Rank World University Rangkings 2023 menempatkan prodi S1 psikologi di ranking 9 Indonesia, 267 di Asia, dan 1378 di dunia. Beragam area riset pun masuk di 10 - 15 besar di Indonesia.

Rektor Undip Prof Dr Suharnomo, MSi berharap kiprah civitas akademika Fakultas Psikologi UNDIP dan alumni turut mendukung UNDIP.

"Menjadikan Undip lebih bermartabat dan bermanfaat di masyarakat luas," kata Rektor.

Dalam sambutannya, Prof. Sawitri mengingatkan apakah seluruh civitas akademika sudah menerapkan 3 falsafah Jawa.

"Rumangsa Handarbeni, rasa ikut memiliki tempat mengabdi, Melu Hangrungkebi, ikut menjaga kondusivitas dan mengutamakan kepentingan bersama, serta Mulat Sarira Hangrasa Wani, selalu introspeksi, memperbaiki diri, aktif menjaga harmoni, dan berani menghadapi perubahan," kata Prof Sawitri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerjasama

Menghadirkan Brigjen Pol Dr Rinny Wowor, M.Psi., Psikolog, Kepala Pusat Psikologi Badan Intelijen Negara, dengan materi “Woman Leadership: Balancing Professional and Family Responsibilities.” Dr Rinny menguraikan dinamika pemimpin perempuan dalam menyeimbangkan tanggung jawab professional dan keluarga.

Kemudian ada Dr. Ika Febrian Kristiana, SPsi, MPsi, dosen Fakultas Psikologi UNDIP yang menyoroti pendidikan anak berkebutuhan khusus dengan orasi berjudul “Family and School as Pillars for Diversity: Realizing Equity and Inclusion in Society”.

"Menjadi sangat penting peran keluarga dan sekolah untuk mendukung keberagaman, kesetaraan, dan inklusi," katanya.

Acara ini diawali dengan penampilan gerak dan lagu oleh para siswa YPAC Semarang. Dilakukan pula penandatanganan perjanjian kerjasama antara Fakultas Psikologi dan YPAC.

Dekan Fakultas Psikologi UNDIP, Prof Dian Ratna Sawitri, PhD dan Ketua Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang, Rahayu Wijayanti, S.Psi, sepakat bersinergi dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan ini disaksikan Rektor, Wakil Rektor bidang Riset, Inovasi, dan Kerja Sama, Wijayanto, SIP, M.Si, Ph.D, Wakil Ketua MWA, Prof. Yusriadi, Sekretaris MWA, Dr Ir Agus Indarjo, M.Phil serta para Dekan di lingkungan UNDIP, para Wakil Dekan Fakultas Psikologi UNDIP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini