Sukses

Dion Wiyoko Ajak Anak-Anak Main di Luar Tanpa Takut Kuman, Agar Sehat dan Ceria

Aktor sekaligus model Dion Wiyoko mengajak anak-anak untuk main di luar tanpa takut kuman. Dion sendiri dikenal aktif bermain di luar bersama anaknya tanpa khawatir, kebiasaan inilah yang ingin ditularkan ke sesama orang tua.

Liputan6.com, Medan Aktor sekaligus model Dion Wiyoko mengajak anak-anak untuk main di luar tanpa takut kuman. Dion sendiri dikenal aktif bermain di luar bersama anaknya tanpa khawatir, kebiasaan inilah yang ingin ditularkan ke sesama orang tua.

Ajakan itu disampaikan Dion Wiyoko sebagai Duta Keluarga NUVO Family saat ikut berkegiatan bersama anak-anak saat senam dan mendampingi permainan challenge di Lapangan Sejati Pratama, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (25/8/2024).

"Setiap anak memiliki hak bermain untuk dapat menunjang tumbuh kembang mereka dengan optimal. Yuk, main di luar. Saya mengajak anak-anak dan orang tua minimal 30 menit main di luar," kata Dion.

Kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan setiap tahunnya. Tahun ini hadir di Medan sebagai kota kedua yang disambangi. Kehadiran Dion Wiyoko sebagai representasi figur Ayah Indonesia yang memiliki gaya hidup aktif dan sehat bersama keluarganya.

"Sebisa mungkin kita sebagai orang tua perlu meluangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk bermain di luar bersama anak. Misalnya, bersepeda, petak umpet di taman, sembari memperkenalkan anak dengan lingkungannya," Dion meyebutkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Generasi Sehat

Merry Christanty, selaku Senior Brand Manager, menjelaskan, melalui kampanye yang mengajak anak bersama orang tua untuk minimal 30 menit main di luar, pihaknya berkomitmen menjadikan anak-anak Indonesia sebagai generasi sehat dan ceria di masa depan.

"Tentunya dengan tumbuh kembang optimal," ujarnya.

Pada kegiatan ini, sambung Merry, pihaknya berharap anak-anak bisa memiliki memori baik dari pengalaman bermain di luar dengan cara yang asik dan menyenangkan, tanpa perlu takut kuman dan bakteri.

"Sejumlah permainan menantang dan mengasah ketangkasan serta kreativitas anak tersedia di arena challenge, mulai dari wall climbing, net crawling, puzzle, stepping stones, hingga word ball game," terangnya.

Anak-anak juga belajar tentang pentingnya mandi dan cuci tangan pakai sabun agar terhindar dari penyakit lewat cara yang menyenangkan.

Disebutkan Merry, pihaknya telah menyambangi 5 sekolah dasar di Medan untuk memberikan pengalaman baru dalam bermain bagi anak-anak dan mengedukasi orang tua mengenai manfaat bermain di luar.

"Yang ternyata, dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak di era digital," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Tantangan dan Peluang Baru

Tengku Nuranasmita, sebagai Psikolog, menjelaskan, perubahan cara hidup dan belajar di era digital membawa tantangan dan peluang baru bagi anak-anak maupun orang tua. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyeimbangkan penggunaan teknologi dengan perkembangan sosial dan emosional anak dengan mengajaknya bermain di luar.

Tengku Nuranasmita menambahkan, beberapa contoh kegiatan bermain di luar yang bisa dilakukananak bersama orang tua, di antaranya adalah jalan-jalan santai, bersepeda, bermain di taman, dan berkebun.

"Kegiatan bermain di luar tersebut dapat mengasah kemampuan motorik, sensorik, strategi, kreativitas, dan sosial anak seiring pertumbuhannya," bebernya.

4 dari 4 halaman

2 Langkah Meminimalisir Kekhawatiran

Diterangkan Tengku Nuranasmita, kekhawatiran orang tua saat anak main di luar pun dapat diminimalisasi melalui 2 langkah berikut. Pertama, memperkuat sistem imun anak dengan memberikan asupan makanan yang bergizi.

"Kedua, memastikan anak menjaga kebersihan serta kesehatannya dengan rajin mandi dan mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri setelah main di luar," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini