Sukses

Simak, Cara Menghapus Tweet Lama di X dengan Mudah

Sebagai pengguna media sosial kita memang harus berhati-hati ketika bersikap terutama dalam berbicara. Adapun berikut ini ada cara mudah untuk menghapus tweet atau cuitan lama di media sosial X.

Liputan6.com, Bandung - Belakangan ini masyarakat Indonesia khususnya warganet di media sosial X (sebelumnya Twitter) ramai menyoroti cuitan lama milik Ridwan Kamil yang sempat mengkritik kota Jakarta melalui media sosialnya beberapa tahun yang lalu.

Cuitan tersebut kembali viral dibahas publik setelah Ridwan Kamil mencalonkan diri dan maju dalam Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024. Diketahui cuitan lamanya jadi sorotan dan boomerang bagi Ridwan Kamil saat ini.

Sementara itu, usai insiden tersebut masyarakat juga kembali diingatkan untuk bijaksana dan berhati-hati dalam menyampaikan pendapat di media sosial. Terutama di media sosial X banyak pengguna sering membuat cuitan atau tweet yang kurang pantas.

Pasalnya, media sosial tersebut kerap menjadi wadah atau tempat untuk banyak orang mengutarakan keresahannya. Namun, sebebas apa pun platform tersebut kita sebagai pengguna tetap harus berhati-hati.

Mengingat unggahan atau postingan di media sosial bisa memrepresentasikan pribadi penggunanya sehingga harus bijaksana dalam mengunggah cuitannya di X. Tidak jarang juga seseorang mungkin pernah menulis sesuatu di masa lalu yang dirasa kurang pantas.

Contohnya mungkin cuitan terkait stereotype, kata-kata kurang pantas, dan cuitan lainnya. Melalui artikel ini akan dibahas bagaimana cara menghapus cuitan di masa lalu yang mungkin bisa mengganggu reputasi penggunanya di masa sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Menghapus Tweet Lama di X dengan Mudah

Menghapus tweet lama di media sosial X (sebelumnya Twitter) bisa dilakukan dengan mudah. Pasalnya platform tersebut menyediakan fitur yang bisa digunakan penggunanya untuk menghapus setiap cuitannya atau bisa mengikuti langkah berikut:

1. Buka aplikasi atau media sosial X yang sudah login akun pribadi.

2. Kemudian buka halaman profil X dan klik tab “Posts”.

3. Selanjutnya cari cuitan lama yang ingin dihapus dan untuk mencarinya bisa menggeser ke bawah hingga tweet lama yang ingin dihapus bisa ditemukan.

4. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur pencarian untuk mencari cuitan lama dengan mengklik ikon kaca pembesar dan kolom pencarian akan terbuka.

5. Pada kolom tersebut ketik kata kunci yang sekiranya terdapat pada cuitan lama yang ingin dihapus.

6. X kemudian akan menampilkan sejumlah tweet yang berkaitan dengan kunci pencarian.

7. Setelah berhasil ditemukan pengguna bisa klik ikon titik tiga dan pilih opsi “Delete Post”.

8. Klik opsi “Delete Post” tersebut untuk mengonfimrasi tindakan dan cuitan pun akan terhapus dari linimasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini