Sukses

Resmikan Bendungan Margatiga, Jokowi Harapkan Produktivitas Petani Meningkat

Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Lampung telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Senin (26/8/2024). Proyek itu menghabiskan anggaran senilai Rp846 miliar.

Liputan6.com, Lampung - Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Lampung telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Senin (26/8/2024). Proyek itu menghabiskan anggaran senilai Rp846 miliar. Presiden Jokowi mengatakan bahwa air akan menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan dan pemerintah saat ini bakal fokus pada manajemen pengelolaan air yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Yang pertama untuk air baku kehidupan kita, yang kedua juga untuk irigasi bagi sawah-sawah yang kita miliki, yang ketiga juga untuk mereduksi banjir kalau memang di daerah itu masih ada banjir,” kata Jokowi di Lampung Timur, Senin (26/8/2024).

Lebih lanjut Jokowi menyampaikan bahwa, proyek nasional itu mulai dibangun sejak tujuh tahun lalu atau 2017 dengan nilai anggaran sebesar Rp846 miliar.

"Bendungan yang dibangun dengan nilai investasi Rp846 miliar ini memiliki luas genangan sebesar 2.313 hektare dengan daya tampung 42 juta meter kubik. Sudah tujuh tahun yang lalu bendungan ini dikerjakan, dan alhamdulillah pada hari ini sudah selesai dan bisa difungsikan Bendungan Margatiga,” jelas dia.

Ia berharap, bendungan ke-44 yang diresmikan olehnya itu dalam masa pemerintahannya ini dapat dimanfaatkan mulai dari irigasi hingga reduksi banjir.

Selain itu, Jokowi juga mengharapkan produktivitas para petani di sekitar bendungan dapat naik secara signifikan.

“Kita harapkan produktivitas petani yang terkait dengan Bendungan Margatiga ini betul-betul bisa naik secara signifikan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini