Sukses

Gerindra Bakal Usung 15 Pasangan Bakal Calon Kepala Daerah di Pilkada 2024 di Lampung

Partai Gerindra resmi mengeluarkan surat keputusan (SK) B1 KWK kepada 15 pasangan bakal calon kepala daerah di Provinsi Lampung pada Pilkada 2024.

Liputan6.com, Lampung - Partai Gerindra resmi mengeluarkan surat keputusan (SK) B1 KWK kepada 15 pasangan bakal calon kepala daerah di Provinsi Lampung yang diusung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Penyerahan SK B1 KWK itu diserahkan langsung oleh Ketua DPP Gerindra Lampung, Rahmat Mirzani Djausal di Kantor Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Gerindra Lampung, Senin (26/8/2024). Tetapi, dari 15 kabupaten/kota yang B1 KWK-nya diserahkan, terdapat dua kabupaten yang tak bisa hadir yaitu; pasangan bakal calon Bupati Mesuji dan Bupati Tanggamus.

Ada pun 15 pasangan calon yang telah menerima SK B1 KWK dari Gerindra antara lain di Kota Bandar Lampung kepada pasangan petahana wali kota dan wakil wali kota setempat yakni Eva Dwiana - Deddy Amarullah. 

Lalu di Pilkada Lampung Selatan, Partai Gerindra mengusung pasangan menantu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yakni Radityo Egi Pratama, berpasangan dengan M. Syaiful Anwar. Di Kota Metro, Gerindra menyerahkan SK ke pasangan petahana Walikota dan Wakil Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin - Qomaru Zaman, untuk melanjutkan periode keduanya. Kemudian, di Kabupaten Pesawaran, Partai Gerindra mengusung pasangan Nanda Indira dan Antonius Muhammad Ali.

Di Kabupaten Pringsewu, Gerindra memberikan surat tersebut kepada pasangan Rianto Pamungkas dan Umi Laila. Selanjutnya, di Kabupaten Pesisir Barat, surat tersebut diberikan kepada pasangan Septi Heri Agusnaeni dan Ade Abdul Rochim. Di Kabupaten Lampung Barat, Gerindra mengusung pasangan petahana Bupati dan Wakil Bupati yaitu Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin.

Berikutnya, di Pilkada Lampung Utara, pasangan Hamartoni Ahadis dan Romli yang mendapatkan SK B1 KWK. Di Kabupaten Way Kanan, Gerindra memberikan surat itu kepada pasangan Ali Rahman dan Ayu Alasasiyah. Selanjutnya, di Kabupaten Tulang Bawang, Gerindra resmi mengusung pasangan Winarti untuk melanjutkan periode keduanya, di Pilkada kali ini dipasangkan dengan Reynata. Sedangkan di Kabupaten Tulangbawang Barat, Gerindra memberikan surat tersebut kepada pasangan Novriwan Jaya dan Nadirsyah. Kemudian, di Lampung Timur, Gerindra mengusung pasangan Ella Siti Nuryamah dan Wakil Bupati Lampung Timur saat ini yaitu Azwar Hadi.

Di Kabupaten Lampung Tengah, Gerindra mengusung petahana Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, yang kali ini dipasangkan dengan Ahsan Asad Said. Lalu, di Pilkada Mesuji, Gerindra mengusung Suprapto sebagai calon Bupati Mesuji. Kemudian yang terakhir, di Kabupaten Tanggamus, Gerindra memberikan surat rekomendasi dan mengusung pasangan Saleh Asnawi dan Agus Suranto.

Rahmat Mirzani Djausal mengatakan bahwa ada beberapa pertimbangan Gerindra Lampung yakin menyerahkan B1 KWK itu kepada pasangan bakal calon kepala daerah. Salah satu di antaranya adalah para pasangan calon itu berpotensi meraih kemenangan. 

"Kami melihat bagaimana potensi mereka bisa memenangkan kepala daerah di suatu daerah, kedua, bagaimana mereka bisa selaras berkolaborasi dengan kami, ketiga paling penting, kami menerima masukan pendapat baik dari kader, ranting, cabang, PAC maupun DPC juga dari tokoh dan kelompok masyarakat," kata Mirza, Senin (26/8/2024).

Dia menambahkan, keputusan Gerindra dalam penyerahan SK B1 KWK kepada pasangan calon kepala daerah itu sifatnya telah final.

"Iya, sifatnya Insyaallah sudah final," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini