Sukses

Daftar ke KPU Kabupaten Cirebon, Imron-Agus Kurniawan Bawa Konsep 'Samina Wa Athona'

Imron mengaku, sebagai petahana masih merasa tidak menyangka bisa berpasangan dengan Agus Kurniawan yang merupakan tokoh pemuda di Kabupaten Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon Pasangan Imron-Agus Kurniawan menjadi yang pertama mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Cirebon dalam Pilkada Serentak 2024. Kedatangan mereka dikawal oleh petinggi partai pendukung hingga simpatisan.

Diketahui, Imron merupakan kandidat petahana yang kembali ikut dalam Pilkada Serentak 2024 dari PDIP. Ia memilih berpasangan dengan Agus Kurniawan karena agar bisa menutupi kekurangan satu sama lain.

Selain PDIP, pasangan Imron-Agus Kurniawan juga diusung oleh Partai Nasdem dan Hanura Kabupaten Cirebon. Diketahui, Agus Kurniawan merupakan tokoh muda asal Kabupaten Cirebon.

"Saya tidak menyangka karena banyak yang pintar. Tapi yang dipilih saya dan Haji Agus, kalau dihitung-hitung saya sebagai penghulu dan Haji Agus itu Kepala Desa dan mungkin ini takdir," ujar Imron usai mendaftar ke KPU, Selasa (27/8/2024).

Imron mengaku, sebagai petahana masih merasa tidak menyangka bisa berpasangan dengan Agus Kurniawan yang merupakan tokoh pemuda di Kabupaten Cirebon.

Namun, Imron berharap dengan perbedaan usia yang terpaut jauh dapat menutupi kekurangan satu sama lain selama 5 tahun mendatang,

"Mudah-mudahan perjalanan politik ini bisa membawa konsep Samina Wa Athona (kami dengan dan patuh)," ujar Imron.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Verifikasi

Imron mengatakan, dalam kontestasi politik akan ada pihak yang menang dan kalah. Oleh karena itu, Imron mengaku akan menyerahkan seluruhnya kepada masyarakat Kabupaten Cirebon sebagai ujung tombak demokrasi.

"Menang itu bukan tujuan kami namun kami ingin mendapatkan suara yang terbanyak, masalah menang atau tidak yang memutuskan rakyat," ujarnya.

Pada persiapannya, ia mengaku selalu menggelar diskusi rutin bersama Agus Kurniawan untuk menyusun langkah strategis pembangunan Kabupaten Cirebon yang lebih baik.

"Jadi pemimpin itu enak dilihat, tapi sulit untuk menjalaninya, oleh karena itu saya sering berdiskusi dengan Haji Agus untuk membenahi Kabupaten Cirebon," terangnya.

Ketua KPU Kabupaten Cirebon Esya Karnia Puspawati memastikan bahwa pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Imron dan Agus Kurniawan sudah menyerahkan berkas.

Berkas pasanan tersebut, kata dia, sudah diunggah dengan baik dan mendapat status terverifikasi berkas pencalonan.

Esya mengatakan, langkah selanjutnya adalah KPU Kabupaten Cirebon akan melanjutkan proses pemberkasan dari setiap calon. Kemudian akan dilakukan verifikasi setelah pemeriksaan kesehatan pada tanggal 31 Agustus 2024 mendatang.

"Proses verifikasi administrasi calon dijadwalkan pada 6 - 8 September. Untuk selanjutnya calon akan ditetapkan pada 22 September dan tanggal 23 September pengundian nomor urut untuk berkontestasi di Pilkada 2024," ujar Esya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.