Sukses

Hari Pertama Dibuka, Belum Ada Bapaslon Cakada Dompu yang Daftar

Para paslon baru akan mendaftar pada hari kedua dan ketiga pendaftaran yaitu tanggal 28 dan 29 Agustus.

Liputan6.com, Jakarta - Hari pertama dibukanya pendaftaran calon kepala daerah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Selasa, 27 Agustus 2024, belum ada pasangan calon yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

Ketua KPUD Dompu, Arif Rahman mengatakan, hingga batas waktu pendaftaran hari pertama sampak pukul 16.00 WITA, tidak ada pasangan calon Bupati Dompu dan Wakil Bupati Dompu yang mendaftar.

"Tidak ada paslon yang melakukan pendaftaran," ujar Arif, Selasa (27/08/2024).

Dia mengungkapkan, para paslon baru akan mendaftar pada hari kedua dan ketiga pendaftaran yaitu tanggal 28 dan 29 Agustus.

Paslon yang mendaftar tanggal 28 adalah Kader Jaelani dan Syahrul Parsan (AKJ-Syah). Sementara paslon Bambang Firdaus dan Syirajuddin (BBF-DJ) mengambil waktu pendaftaran hari terakhir, Kamis, 29 Agustus.

Hal tersebut sambung Arif berdasarkan surat pemberitahuan dari kedua pasangan yang akan mendaftar.

"AKJ-SYAH akan daftar besok Rabu, 28 Agustus. Sedangkan BBF-DJ, Kamis 29 Agustus 2024," ujar Arif.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembatasan Jumlah Pengantar

Pihak KPU Dompu menetapkan bahwa jumlah massa pendukung yang boleh mengantar pendaftaran paslon maksimal 80 orang, itupun harus memiliki kartu pengenal baru diizinkan masuk.

Dari 80 orang tersebut terang Arif, terdiri dari pasangan calon, istri pasangan calon, dan partai pengusung. Merekalah diperbolehkan masuk ke dalam area kantor KPU.

"Hanya paslon dan istrinya, ketua dan sekretaris parpol pengusung, penghubung paslon, serta admin sistem informasi pencalonan (Silon) pasangan calon yang diizinkan masuk di tempat pendaftaran," pungkas dia.

Pengamanan ketat kantor KPU Dompu

Di depan kantor KPU Dompu, pihak Kepolisian Resort setempat sudah memasang kawat berduri di atas trotoar sebagai bagian dari pengamanan terhadap jalannya tahapan dan proses pilkada.

Kendati hari pertama pendaftaran kantor KPU terlihat sepi, namun aparat keamanan sudah berjaga-jaga.

Kemudian di dalam kantor KPU, pegawai sudah menunggu paslon yang mendaftar hingga pukul 16.00 Wita walaupun sudah dipastikan tidak ada kandidat cakada yang akan mendaftar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.