Sukses

Daftar Pilkada Sulteng, Rusdy Mastura Sebut Ada yang Zalim Memanfaatkan Kekuasaan

Pasangan bakal calon kepala daerah (cakada) Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto menjadi yang pertama mendaftar ke KPU.

Liputan6.com, Kota Palu Ribuan pendukung mengantar pasangan bakal cakada itu ke KPU Sulteng, Rabu pagi (28/8/2024). Jalan depan Kantor KPU Sulteng di jalan S Parman pun ditutup sementara.

Rusdy Mastura adalah petahana Gubernur Sulteng yang nyaris tak bisa mengikuti pemilihan kepala daerah tahun 2024 akibat jumlah persentase suara partai pengusung tidak mencukupi. Partai-partai dengan perolehan suara besar sendiri sebelumnya telah berkoalisi mendukung pasangan lain.

Pasangan itu baru dipastikan ikut pilkada setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan terbaru mengenai persentase parpol pendukung yang disusul terbitnya PKPU nomor 10 tahun 2024.

Rusdy Mastura-Sulaiman Agusto pada Pilkada Sulteng tahun 2024 ini diusung koalisi yang berisi 5 partai, yakni PDIP, Hanura, Buruh, dan Ummat dengan total jumlah suara 12,16 persen. Jumlah itu melebihi dari yang dipersyaratkan MK dan PKPU Nomor 10 tahun 2024 yakni 8,5 persen. 

"Alhamdulillah akhirnya kami bisa mendaftar setelah putusan MK keluar. Kami menegaskan membawa semangat ideologi demokrasi dan saya hadir untuk mengembalikan itu," kata Rusdy Mastura di Kantor KPU Sulteng, Rabu (28/8/2024).

Bahkan saat sambutan, mantan Wali Kota Palu itu "meledak" dan menyatakan ada upaya zalim terhadap dirinya dengan cara memborong parpol oleh pasangan lain. 

"Saya tidak mau zalim seperti yang lain menggunakan kekuasaan, itu yang saya lawan dan ajak rakyat. Saya tidak pernah mundur dari siapa pun asal bermain dengan adil," Rusdy menegaskan.

Walau begitu Rusdy menyatakan berkomitmen menjaga kedamaian selama tahapan pilkada. Imbauan itu juga tegaskannya kepada pendukungnya.

Untuk Pilkada 2024 ini Rusdy Mastura menggandeng Sulaiman Agusto yang merupakan Mayor Jenderal Purnawirawan TNI. 

Klaim peningkatan PAD Sulteng dari 900 miliar menjadi lebih dari 2 triliun selama lima tahun menjabat Gubernur Sulteng menjadi salah satu alasan Rusdy ngotot meneruskan kepemimpinannya.

Setelah memeriksa kelengkapan pendukung pasangan itu, KPU Sulteng menyatakan menerima dokumen yang dibawa untuk diteliti.

Pilkada Sulteng 2024 akan diikuti tiga pasangan yang telah mendeklarasikan diri. Selain Rusdy Mastura-Sulaiman Aguato, pasangan lainnya yakni Anwar Hafid-Reny Lamadjido dan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.