Sukses

Ditinggal Golkar, Arinal Maju Pilgub Lampung Lewat PDI Perjuangan

Setelah tak mendapat restu dari Partai Golkar, mantan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi kini dikabarkan maju sebagai calon kepala daerah lewat PDI Perjuangan.

Liputan6.com, Lampung - Setelah tak mendapat restu dari Partai Golkar, mantan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi kini dikabarkan maju sebagai calon kepala daerah lewat PDI Perjuangan. 

Kabar Arinal Djunaidi yang merupakan Ketua DPD Golkar Lampung itu kembali maju bertarung dalam Pilkada Lampung tepat di momen pendaftaran calon kepala daerah ke KPU setempat. 

Partai Golkar sebelumnya telah mengusung pasangan Rahmat Mirzani Djausal dari Gerindra dan Jihan Nurlela dari PKB sebagai bakal calon gubernur Lampung. Keduanya telah mengantongi dukungan dari tujuh partai parlemen kecuali PDI Perjuangan. 

Melihat kondisi ini, PDI Perjuangan pun tampaknya memberikan perlawanan dengan merekomendasikan Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung periode 2019-2024, berpasangan bersama Sutono, Sekretaris PDI Perjuangan Lampung.

Kabar ini mencuat dengan kemunculan foto Arinal Djunaidi dan Sutono di Bandara Raden Iten II Lampung yang telah beredar di media sosial. Keduanya tampak didampingi istri. 

Dari informasi yang diterima, keduanya ini terbang dari Jakarta ke Lampung untuk penyerahan surat keputusan (SK) B1 KWK sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di DPD PDI Perjuangan. 

Dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, Sekertaris DPD PDI Perjuangan Lampung, Sutono tak menampik.

Sutono menerangkan bahwa perintah partai diusahakan tidak kotak kosong dalam Pilkada 2024 Lampung. 

"Perintah DPP PDI Perjuangan, diusahakan tidak kotak kosong, nah siapa yang ditunjuk, kita tunggu kiriman dari Jakarta itu (B1 KWK)," kata Sutono kepada wartawan, Rabu (28/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Bertarung

Ditanya soal kesiapannya duet bersama Arinal Djunaidi, Sutono menjelaskan siap bertarung melalui PDI Perjuangan meski tak bersamanya. Terlebih kader di PDI Perjuangan masih banyak yang berpotensi. 

"Siap aja, kan di PDI Perjuangan kan banyak kader-kader yang potensial, salah satunya Umar Ahmad, kalau saya, ya ada juga peluangnya walaupun kecil," jelas dia.

Kemudian, soal beredarnya foto bersama Arinal di bandara, Sutono pun mengonfirmasi kabar tersebut. 

"Iya benar, kebetulan saya ketemu saja di pesawat," kata dia.

Dia menyampaikan bahwa komunikasi dengan Arinal Djunaidi pun terjalin dengan baik sampai dengan saat ini.

"Ya baik, komunikasi kami baik. Pak Arinal kan pernah 18 tahun lalu, pak Arinal sebagai kepala Dinas Kehutanan, saya sebagai Wakil Kepala Dinas Kehutanan, hubungan komunikasi kami sangat baik," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.