Sukses

PKB Usung Luluk-Lukman di Pilkada Jatim 2024, Daftar ke KPU Kamis Besok

Hassanudin menegaskan bahwa Luluk Nurhamidah diusung sebagai bakal calon gubernur, sedangkan Lukman menjadi bakal calon wakil gubernur.

Liputan6.com, Jakarta - Pertarungan Pilkada Jatim 2024 diprediksi bakal berlangsung sengit. Tiga calon hampir dipastikan akan meramaikan kontestasi lima tahunan tersebut. 

Setelah PDIP mengkonfirmasi akan mengusung Mensos Tri Rismaharini atau Risma sebagai bakal cagub Jatim, kini giliran PKB menyatakan akan mengusung kadernya Luluk Nur Hamidah untuk maju melawan Khofifah dan Risma.

Luluk akan diduetkan dengan Lukmanul Khakim sebagai wakil gubernur Jatim.

"Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim," kata Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Hassanudin Wahid, Rabu (28/8/2924), dikutip dari Antara.

Dia menegaskan bahwa Luluk diusung sebagai bakal calon gubernur, sedangkan Lukman menjadi bakal calon wakil gubernur.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Bakal pasangan calon Luluk-Lukmanul akan mendaftar pada hari terakhir masa pendaftaran, yakni Kamis (29/8/2024).

"Insyaallah besok sore atau malam. Hari ini mempersiapkan semua persyaratannya," kata Jazilul.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDIP Jawa Timur Deni Wicaksono memastikan pihaknya akan mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma untuk bertarung dengan Khofifah Indar Parawansa pada Pilkada Jatim 2024.

Deni membenarkan pernyataan Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPD PDIP Jatim, Said Abdullah yang menyatakan bahwa partai tersebut akan mengusung Risma sebagai bakal calon Gubernur Jatim.

"PDI Perjuangan akan mengusung calon sendiri pada Pilgub Jatim," ujar Deni, Selasa (27/8/2024).

Terkait bakal pasangan calon atau sosok yang akan mendampingi Tri Rismaharini dalam kontestasi Pilkada Jatim 2024 dan akan diusung oleh PDIP, Deni masih enggan membeberkan lebih jauh.

"Calon sudah disiapkan," kata Deni.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KPU Jatim Terima Pendaftaran Khofifah-Emil Dardak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menerima pendaftaran pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2024.

Khofifah-Emil menjadi pasangan pertama Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2024 yang mendaftar ke KPU di Jalan Raya Tenggilis nomor 1-3, Surabaya, Rabu.

Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi mengatakan berdasarkan hasil verifikasi dari tim verifikator, dokumen pendaftaran yang disampaikan pasangan Khofifah-Emil dinyatakan lengkap dan diterima.

"Berdasarkan hasil laporan dari tim verifikator kami, dokumen yang disampaikan pasangan Khofifah-Emil kami nyatakan lengkap dan diterima," kata Aang.

Aang melanjutkan setelah diterimanya pendaftaran, selanjutnya pasangan Khofifah-Emil akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Rencananya, pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan di RSUD dr. Soetomo pada 29 Agustus 2024 pagi.

"Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan besok pagi. Karena tahapannya cukup padat dan kami menyesuaikan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.