Sukses

Kiprah Jasa Pengamanan Asal Yogyakarta yang Sabet Juara 1 BUJP Teladan Mabes Polri

Pemilik sekaligus Direktur PT Tata Karya Gemilang Salva Yurivan Saragih mengaku bersyukur atas capaian perusahaan yang sudah berdiri sejak 2006 tersebut.

Liputan6.com, Yogyakarta - PT Tata Karya Gemilang (Gemilang Facility Service) yang bergerak di bidang jasa keamanan (satpam) asal Yogyakarta berhasil meraih penghargaan juara 1 Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) Teladan dalam lomba yang digelar Polri dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-78.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo turut menghadiri acara bertajuk Apresiasi Kreasi Setapak Perubahan Polri di Gedung The Tribrata, Jakarta Selatan, Jumat 23 Agustus 2024. Adapun Piala lomba itu diserahkan oleh Wakapolda DIY Brigjen Pol Adi Vivid A.B.

Pemilik sekaligus Direktur PT Tata Karya Gemilang Salva Yurivan Saragih mengaku bersyukur atas capaian perusahaan yang sudah berdiri sejak 2006 tersebut.

"Kami bersyukur atas capaian ini mengingat perlombaan ini cukup ketat melibatkan anggota BUJP se Indonesia," kata Salva, Selasa, 26 Agustus 2024.

Salva menuturkan, dalam perlombaan itu, penilaian dilakukan secara ketat dan berlapis.

Diawali dengan Ditbinmas Polda se-Indonesia yang menyaring dan merekomendasikan BUJP di daerah-daerah untuk diklasifikasi. Lantas hasil klasifikasi itu dikirimkan ke Korbinmas Baharkam Polri untuk dinilai kembali perusahaan dengan nilai terbaik.

"Klasifikasi pada lomba BUJP Teladan ini berdasarkan nilai investasi, di antaranya BUJP Klasifikasi investasi besar; BUJP Klasifikasi investasi menengah; BUJP Klasifikasi investasi kecil; dan BUJP klasifikasi investasi mikro," kata dia.

Tim penilai juga cukup kompleks.Terdiri dari tim juri dari Korbinmas kabaharkam Mabes Polri yang berjumlah 5 orang.

Mereka bahkan melakukan verifikasi faktual ke kantor pusat PT Tata Karya Gemilang di Yogyakarta yang usahanya juga bergerak di jasa kebersihan, pengendalian hama, alih daya tenaga kerja, perawatan taman, serta pengangkutan dan pengolahan sampah itu.

"Beberapa hal yang yang diverifikasi seperti company profile, dokumen legalitas perusahaan, dokumen perijinan, dokumen OSS, kegiatan operasional BUJP, laporan semester, legalitas satpam, dan kegiatan CSR," kata Salva, alumnus Fakultas Teknologi Pertanian UGM itu.

Setelah itu semua selesai, akhirnya tim juri memutuskan bahwa PT Tata Karya Gemilang yang mempunyai tag line Berani Berbeda Itu Hebat dengan skor tertinggi.

Tim juri pun mengapresiasi kinerja perusahaan yang telah melayani ratusan pelanggan seperti rumah sakit, perkantoran, manufaktur, kantor pemerintah, hotel, universitas dan memiliki lebih dari 4000 karyawan itu.

Salva mengatakan BUJP sendiri merupakan asosiasi di bawah pembinaan Korps Pembinaan Masyarakat Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia atau biasa disingkat Korbinmas Baharkam Polri.

Lomba BUJP ini digelar untuk mendukung pelaku usaha dan investasi yang sehat yang patuh dan taat aturan. Sehingga meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan pekerjaan yang merupakan bagian dari pilar pendukung mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Atas capaian ini, Salva mengatakan perusahaannya akan terus memperluas pelayanan. Salah satunya dengan menambah kantor baru.

"Saat ini kami memiliki kantor di Semarang, Surabaya, Jabodetabek, Surakarta dan sedang persiapan membuka kantor baru di beberapa daerah seperti Banjarmasin, Balikpapan, Bali, Medan dan Jawa Barat," kata dia.

"Kami bukan penyalur tenaga kerja, tetapi sebagai mitra dalam membantu menyelesaikan masalah masalah di fasilitas gedung atau perkantoran., sehingga client menyerahkan sepenuhnya mulai dari pengadaan mesin, seragam, peralatan kerja, alat pelindung diri, sampai ke supervisi dan pelatihan rutin," imbuh dia.

Dalam mempersiapkan sumber daya manusia, Salva mengatakan tenaga SDM mereka telah diseleksi ketat. Dengan cara diberikan pelatihan 5 hari di kelas agar mampu menjawab setiap masalah di klien mereka.

Selain meraih juara di tingkat Mabes polri, PT Tata Karya Gemilang juga mendapatkan juara di tingkat Polda DIY. Antara lain Juara 1 BUJP Teladan dan Satpam Teladan kategori Gada Pratama yang diraih Satpam atas nama Agus Suryanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta