Sukses

Daftar Pilkada Banyuwangi 2024, Ipuk-Mujiono Jalan Kaki ke KPU dan Gus Makki Yakin Menang

Di sepanjang jalan menuju KPU di Jalan KH Agus Salim, Ipuk-Mujiono disambut antusias warga. Masyarakat berbondong-bondong keluar rumah menyapa, melambaikan tangan, dan mendokumentasikan perjalanan Ipuk-Mujino menuju KPU.

Liputan6.com, Banyuwangi - Bakal calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Mujiono, resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi. Mereka berjalan kaki dan diiringi ribuan orang pendukungnya.

Ipuk-Mujiono maju Pilkada Banyuwangi diusung oleh PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, Nasdem, PPP, PKS, Hanura, PAN, Garuda, Perindo, Ummat, Gelora, PSI, PKN, dan Partai Buruh.

Pemberangkatan menuju KPU Banyuwangi didahului dengan santunan anak yatim, pembacaan ayat suci Alqur'an, shalawat, serta pembacaan doa bersama lintas agama. Setelah itu diakhiri pembacaan deklarasi pemenangan oleh semua yang hadir.

"Bismillah dan mohon doa restu semuanya untuk melanjutkan kerja-kerja membangun Banyuwangi. Kami ucapkan terima kasih atas dukungan seluruh elemen masyarakat Banyuwangi. Semoga ikhtiar kita dimudahkan," ujar Ipuk, Rabu (28/8/2024).

Di sepanjang jalan menuju KPU di Jalan KH Agus Salim, Ipuk-Mujiono disambut antusias warga. Masyarakat berbondong-bondong keluar rumah menyapa, melambaikan tangan, dan mendokumentasikan perjalanan Ipuk-Mujino menuju KPU. 

"Bismillah Bu Ipuk, menang. Lanjutkan," ujar Romlah, salah seorang warga yang menyambut di sepanjang jalan.

Romlah mengaku, mendukung penuh Ipuk karena selain melihat kinerja yang selama ini sangat baik, juga melihat Ipuk secara personal sebagai warga yang sangat hangat.

"Kami sering subuh berjamaah dengan beliau. Meskipun dalam beberapa tahun menjabat sebagai bupati kegiatannya sangat padat, beliau tetap menyempatkan hadir kegiatan warga jika ada waktu luang," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gus Makki-Ali Ruchi Juga Resmi Mendaftar

Sementara, KH Ali Makki Zaini (Gus Makki) bersama Ali Ruchi juga resmi mendaftar Pilkada Banyuwangi ke Kantor KPU Banyuwangi.

Dengan diantar ribuan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Gus Makki datang ke kantor KPU diiringi gema shalawat dan kesenian Kuntulan Banyuwangi.

"Semua persyaratan yang kami ajukan sudah lengkap. Tinggal menunggu proses selanjutnya," ujar Gus Makki, Rabu (28/9/2024).

Gus Makki menjelaskan dalam Pilkada Banyuwangi 2024 pihaknya akan total bertarung untuk kemaslahatan rakyat Kabupaten Banyuwangi.

"Kami optimis menang. Target kami memang Pilkada Banyuwangi 2024," jelasnya.

Meskipun harus melawan 16 partai politik yang mengusung petahana, namun Gus Makki menargetkan kemenangan dalam Pilkada Banyuwangi 2024.

Usai mendaftarkan diri ke KPU Banyuwangi, Gus Makki dan Ali Ruchi selanjutnya akan melakukan sowan kepada sesepuh dan juga organisasi masyarakat yang ada di Banyuwangi.

"Kami akan melakukan sowan ke Muhammadiyah, LDII dan juga sesepuh," terangnya.

Ia menyebut PKB dan PBB akan menyusun target untuk menang dalam Pilkada Banyuwangi 2024 meskipun harus melawan 16 partai politik lainnya.

"Kami ini pilihan rakyat bukan pilihan partai politik. Target kami menang," jelas Gus Makki.

Ketua KPU Banyuwangi Dian Purnawan menyatakan, hari kedua masa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi ini, hingga waktu penutupan ada dua bakal calon bupati dan wakil bupati ada dua pasangan calon.

Kata dia, untuk waktu pendaftaran calon bupati dan wakil bupati tinggal menyisakan waktu satu hari lagi yaitu tanggal 29 Agustus. Untuk hari terakhir menurut dia, waktu pendaftaran akan dibuka hingga pukul 23.59 Wib

"Proses politik itu kan dinamis, apapun bisa terjadi bahkan tidak menutup kemungkinan ada calon.lagi yang mendaftar.sehingga.sesuai ketentuan kita tetap akan membuka.pendaftaran di hari terakhir besok hingga pukul 23.59 Wib," tegasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.