Sukses

Pasangan Ayu-Solichun Daftar ke KPU Kabupaten Cirebon Diarak Pakai Kuda

Pasangan bakal Calon Bupati Wahyu Tjiptaningsih dan Wakil Bupati Cirebon Solichun mendaftar ke KPU pada hari terakhir pendaftaran, Kamis (29/8/2024).

Liputan6.com, Cirebon - Pasangan bakal Calon Bupati Wahyu Tjiptaningsih dan Wakil Bupati Cirebon Solichun mendaftar ke KPU pada hari terakhir pendaftaran, Kamis (29/8/2024).

Keduanya diantar langsung oleh para pendukung mulai dari partai hingga simpatisan. Keduanya menunggangi kuda diiringi pendukung yang menggunakan kostum carnaval dalam perjalanan menuju kantor KPU Kabupaten Cirebon.

"Mudah-mudahan Allah menakdirkan kami," kata Ayu sapaan akrab Wahyu Tjiptaningsih, Kamis (29/8/2024).

Diketahui, Ayu merupakan bakal calon bupati Cirebon incumbent. Pada pemilu kali ini, ia diusung koalisi gemuk yakni Partai Gerindra, PKS, Demokrat, PSI dan Gelora.

Pada Pilkada 2024, Ayu ikut berkontestasi melalui Partai Gerindra. Padahal, sebelumnya, ia menjadi Wakil Bupati Cirebon bersama Imron di PDIP.

"Saya sebagai kader Gerindra dan kuda memiliki filosofi kekuatan untuk bisa memenangkan pasangan Wali di Pilkada 2024," tegasnya.

Istri mantan Bupati Cirebon yang terlibat korupsi dab gratifikasi Sunjaya Purwadisastra tersebut mengaku akan membawa Kabupaten Cirebon maju dan sejahtera.

Ia pun mengutip pesan Sunan Gunung Jati terkait pemimpin yakni Ingsun titip tajug lan fakir miskin (saya titip masjid dan fakir miskin). Menurutnya, Kabupaten Cirebon membutuhkan sosok pemimpin yang tulus dan bisa membawa percepatan pembangunan yang signifikan.

"Dampak dari jalan rusak yang kami catat masih ada sekitar 70 persen. Ini akan merusak roda perekonomian, selain itu pengembangan potensi wisata juga masih dirasa kurang mulai dari wisata religi, potensi wisata kuliner dan wisata batik," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indeks Pembangunan Manusia

Ayu mengaku Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Cirebon masih rendah. Oleh karena itu, Ayu berjanji bila terpilih nanti akan segera membenahi aspek IPM agar kualitas SDM Kabupaten Cirebon bisa bersaing dengan daerah lainnya.

"Pasangan Wali akan menghadirkan investor dengan cara memudahkan proses perizinan, akan menjamin kondusifitas wilayah agar investor mau berinvestasi," jelasnya.

Calon Wakil Bupati Cirebon, Solichin menyampaikan, sebagai anggota PCNU Kabupaten Cirebon tentunya akan sangat optimis bisa merebut suara NU untuk kontestasi Pilkada Cirebon 2024.

"Saya saat ini juga menjabat sebagai Wakil ketua PCNU di bidang perekonomian dan lembaga bagian hukum. Maka sangat optimis akan bisa mengambil alih suara gerbong NU dan saya sudah memetakan suara NU sebesar 70 persen," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon Esya Karnia Puspawati mengungkapkan saat ini berkas pendaftaran pencalonan sedang dalam proses verifikasi kelengkapannya.

Untuk selanjutnya, pasangan calon ini akan melakukan cek kesehatan sebagai tahapan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta pada tanggal 1 September nanti.

"Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon (Wahyu Tjiptaningsih dan Solichin) menjadi pendaftar kedua setelah sebelumnya pasangan calon Imron dan Agus Kurniawan yang mendaftar di hari Selasa yang lalu," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini