Sukses

Baru Dua Bakal Calon yang Mendaftar, Pilkada Sumbar 'Head to Head'?

Pilkada Sumbar 2024 hingga hari terakhir pendaftarn, baru dua pasangan calon yang mendaftar ke KPU.

Liputan6.com, Padang - Sebanyak dua bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat sudah mendaftar ke KPU setempat untuk bertarung dalam Pilkada 2024 hingga Kamis (29/8/2024) sore.

Dua bakal pasangan calon tersebut yakni Mahyeldi - Vasco Ruseimy yang mendaftar pada hari pertama pendaftaran Selasa (27/8/2024). Pasangan ini merupakan petahana dimana Mahyeldi saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat.

Mahyeldi merupakan kader PKS dan Vasco kader Partai Gerindra. Selain dari partai masing-masing, keduanya juga diusung oleh Demokrat, PBB, dan Perindo.

Sementara pada Kamis (29/8/2024) satu bakal pasangan calon juga mendaftar ke KPU Sumbar yakni Epyardi Asda - Ekos Albar. Keduanya diusung oleh 7 partai dalam Pilkada Sumbar 2024, yakni Golkar, PDIP, Nasdem, Gelora, Partai Buruh dan Partai Garuda.

Epyardi saat ini menjabat sebagai Bupati Solok, sementara Ekos Albar merupakan mantan Wakil Wali Kota Padang. Epyardi mengaku siap melawan petahana dalam Pilkada Sumbar 2024.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sumbar Ory Sativa Syakban mengatakan hingga sore hari terakhir pendaftaran, baru dua bakal pasangan calon yang mendaftar.

"Pendaftaran kedua bakal pasangan calon sudah kami terima," katanya.

Ia menyebut selain keduanya, KPU belum menerima informasi akan ada bakal calon lainnya yang akan mendaftar ke KPU Sumbar.

"Pendaftaran terakhir hari ini Kamis (29/8/2024) pukul 00.00 WIB," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.