Sukses

Beda Rekomendasi, Suara Partai Hanura Pecah di Pilkada Mimika

DPC Partai Hanura Mimika mendeklarasikan dukungan kepada Johanes Rettob-Emanuel Kemmong, namun DPP Partai Hanura memberikan rekomendasi kepada pasangan Maximus Tipagau-Peggy Patricia Pattipi.

Liputan6.com, Mimika - Perbedaan dukungan antara pengurus DPP Partai Hanura dengan DPC Partai Hanura Mimika terbawa sampai akar rumput. Suara pendukung partai itu dipastikan pecah dan terbagi kepada dua pasangan calon.

DPC Hanura Mimika Papua mendeklarasikan dukungannya kepada paslon Johannes Rettob dan Emanuel Kemong (JOEL) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika. Sementara surat rekomendasi dari DPP turun kepada paslon Maximus Tipagau dan Peggy Patricia Pattipi. 

Menurut Ketua DPC Partai Hanura Mimika, Saleh Alhamid, pihaknya menyesalkan keputusan DPP Hanura yang tidak mengakomodir aspirasi dukungan paslon yang diajukan oleh DPC Hanura Mimika.

“Kami sudah mengajukan surat 3 kali kepada DPP untuk menurunkan rekomendasi kepada paslon Johannes Rettob dan Emanuel Kemong agar sejalan dengan aspirasi DPC dan DPD” kata Saleh Alhamid.

Keputusan DPP Hanura yang berbeda dengan DPC Partai Hanura Mimika menimbulkan pecah dukungan antara administrasi dengan aspirasi kader dan simpatisan di daerah. DPP Hanura akan melawan dukungan dari pemilihnya sendiri. Sementara DPC Partai Hanura Mimika akan tetap konsisten memberikan dukungan kepada JOEL. 

“Kami berada di belakang, depan, samping paslon Johannes Rettob dan Emanuel Kemong untuk mengawal kemenangan hingga akhir. Saya perintahkan kepada seluruh kader dan simpatisan tidak ada satupun yang keluar dari barisan ini," kata Saleh.

Konflik internal Partai tersebut diduga sarat dengan kepentingan transaksional. Paslon Maximus Tipagau dan Peggy Patricia Pattipi yang direkomendasi DPP Hanura menurut Saleh Alhamid karena ada intervensi di tingkat pusat

Hari ini, Kamis (29/8/2024) Paslon JOEL mendeklarasikan sebagai Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mimika 2024. Ribuan massa memenuhi Lapangan Pasar Lama Timika menyambut pasangan calon.

Johannes Rettob dan Emanuel Kemong akan berebut suara melawan paslon Maximus Tipagau - Peggy Patricia Pattipi dan Aleks Omaleng -Yusuf Rombe. Dari sisi elektabilitas dan polularitas paslon JOEL masih teratas dibanding 2 paslon lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.