Sukses

Daftar 14 Bakal Paslon di Pilkada 2024 Se-Bandung Raya, Ada Siapa Saja?

Sebanyak 14 bakal paslon dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi, telah menyerahkan berkas pendaftarannya kepada KPUD wilayah masing-masing.

Liputan6.com, Bandung - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) telah menutup pendaftaran bagi calon yang akan maju Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024. Masa pendaftaran itu berakhir kemarin malam, Kamis (29/8/2024) pukul 23.59 WIB. Sederet nama pun telah didaftarkan oleh partai pengusulnya masing-masing.

Di Bandung Raya, antara lain Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi, terhitung ada 14 bakal pasangan calon (paslon) yang telah menyerahkan berkas pendaftarannya kepada KPUD wilayah masing-masing.

Ketua KPUD Jawa Barat, Ummi Wahyuni menyampaikan, penilaian awal mengenai penyerahan dokumen administratif ini didasarkan pada aspek kelengkapan. KPU akan melakukan verifikasi atas dokumen yang telah diserahkan tersebut.

"Hari ini kami juga mohon waktu untuk melakukan pmeriksaan berkas dokumen yang kami terima, nanti akan dilanjutkan untuk verifikasi administrasi," katanya, Kamis (29/8/2024).

Ummi menyampaikan, agenda berikutnya adalah pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan pada 30 Agustus dan 1 September di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung.

Lantas, siapa saja deretan nama yang secara resmi telah didaftarkan untuk berkontestasi di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) di Pilkada Bandung Raya tahun ini? Berikut daftarnya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

14 Bakal Paslon

2 Pasangan di Kabupaten Bandung

- Dadang Supriatna maju sebagai petahana bersama calon Wakil Bupati Ali Syakieb. Pasangan tersebut daftar pada Kamis sore.

- Setelahnya, bakal Calon Bupati Sahrul Gunawan berpasangan dengan calon Wakil Bupati Gun Gun Gunawan melakukan pendaftaran pada hari yang sama, malam sekira pukul 20.00 WIB.

4 Pasangan di Kota Bandung

- Pasangan Haru Suandharu-Dhani Wirianata secara resmi menyerahkan berkas pendaftaran kepada KPUD Kota Bandung sebagai bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung pada Pilkada 2024, Rabu, 28 Agustus 2024.

- Pada hari terakhir, 29 Agustus 2024, ada 3 bakal pasangan calon yang datang ke Kantor KPUD Kota Bandung, ketiga pasangan tersebut yakni Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar Masoem, Muhammad Farhan-Erwin, dan Dandan Riza Wardana-Arif.

5 Pasangan di Kabupaten Bandung Barat

- Dikdik Agus Triwiyono dan Gilang Dirga (Dilan) daftar maju di Pilkada 2024 pada Rabu, 28 Agustus 2024, pukul 14.06 WIB. Diusung partai PKS dan Demokrat.

- Sundaya dan H. Aa Maulana, mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024, pukul 09.08 WIB. Mereka menjadi satu-satunya calon independen atau perseorangan.

- Ritchie Ismail alias Jeje Govinda bersama Asep Ismail resmi mendaftar pada hari terakhir pendaftaran, Kamis, 29 Agustus 2024, pukul 10.49 WIB. Partai pengusung mereka adalah PAN, dan Gerindra.

- Selanjutnya, ada pasangan Edi Rusyandi dan Unjang Asari datang ke kantor KPUD Bandung Barat pada 29 Agustus 2024, pukul 14.07 WIB. Diusung partai PKB, Golkar dan PPP.

- Terakhir, ada pasangan Hengki Kurniawan dan Ade Sudrajat Usman, daftar pada 29 Agustus 2024, pukul 16.45 WIB. Mereka diusung partai PDIP, Perindo, NasDem, dan Partai Buruh.

3 Pasangan di Kota Cimahi

- Bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan dan Bagja Setiawan, alias Dikdik-Bagja, mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, pada hari kedua pendaftaran, Rabu, 28 Agustus 2024.

- Berikutnya, bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi yang mendaftar adalah Ngatiyana-Adhitia Yudisthira.

- Terakhir, ada nama Bilal Insan Muhammad Priatna dan wakilnya Mulyana yang turut mendaftarkan diri ke KPUD Kota Cimahi pada Kamis sore, 29 Agustus 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.