Sukses

Empat UMKM Ikuti Pameran Kerajinan Terbesar di Indonesia

Pameran Kriyanusa telah menjadi salah satu pameran kerajinan atau seni kriya terbesar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak empat UMKM binaan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) bekerja sama dengan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) mengikuti ajang Pameran Kriyanusa yang berlangsung pada 28 Agustus-1 September 2024 di JCC Senayan, Jakarta.

Keempat UMKM binaan tersebut ialah Batik Siger asal Lampung; kerajinan home décor, Kirana, asal DKI Jakarta; kerajinan pernak-pernik bernuansa etnik, EthneeQ asal Bali; dan kerajinan home décor, Agromina Fiber, asal Jawa Tengah.

Ketua Dewan Pengurus Yayasan INOTEK Prijo Soetedjo mengatakan, keempat UMKM binaan yang mengikuti Pameran KriyaNusa 2024 telah melalui proses kurasi oleh kurator berpengalaman di bidangnya seperti Musa Widyatmodjo dan Hesti Indah Kresnarini.

"Dukungan bagi UMKM merupakan salah satu komitmen Yayasan INOTEK, didukung oleh SETC, untuk memberikan nilai tambah bagi perekonomian nasional. Kami terus mendampingi UMKM untuk naik kelas, termasuk membuka akses pasar seperti melalui Pameran Kriyanusa 2024," ujarnya.

SETC adalah program pelatihan kewirausahaan terintegrasi yang hadir sejak 2007 dan digagas oleh PT HM Sampoerna Tbk. SETC telah memberikan pelatihan kepada lebih 72.000 peserta dari seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2023. Selain pelatihan, SETC juga memfasilitasi riset terapan, pendampingan dan jejaring pasar, konsultasi usaha, serta jejaring UMKM.

Sementara, Pameran Kriyanusa telah menjadi salah satu pameran kerajinan atau seni kriya terbesar di Indonesia. Mengangkat tema "Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya," Kriyanusa 2024 hadir dengan tujuan melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan keragaman produk kerajinan Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

UMKM

Berikut profil singkat 4 UMKM binaan Yayasan INOTEK pada Pameran Kriyanusa 2024:

Batik Siger

Batik Siger merupakan UMKM asal Lampung yang memproduksi batik tulis berbahan alami. Didirikan oleh Hj. Laila Al Khusna melalui CV Restu Bunda, Batik Siger merekrut ibu rumah tangga dan disabilitas untuk memproduksi batik tulis.

Sebagai mitra perajin, Batik Siger memperkenalkan produk lokal ke pasar potensial dan meningkatkan taraf hidup perajin melalui sektor industri kecil dan menengah. Produk

Batik Siger telah diekspor ke negara Afrika Selatan, New York, Dubai, Rusia, dan Iran sejak Tahun 2010.

Agromina Fiber

Agromina Fiber merupakan UMKM binaan yang berlokasi di Jawa Tengah. UMKM ini mengubah limbah organik seperti pelepah pisang dan pandan menjadi kerajinan tangan dan home decor.

Agromina Fiber didirikan dengan tujuan mulia, yaitu menggabungkan seni kerajinan tangan tradisional dengan prinsip-prinsip keberlanjutan, pemberdayaan masyarakat, dan pelestarian lingkungan.

Produk kerajinan Agromina Fiber telah diekspor ke Amerika Serikat, Chile, Dubai dan Nigeria.

EthneeQ

EthneeQ merupakan UMKM yang bergerak pada usaha pernak-pernik bernuansa etnik. Berbasis di Bali, EthneeQ mengedepankan keberlanjutan dengan memprioritaskan People, Planet, Profit (3 Ps).

Produk EthneeQ mengkombinasikan bahan ramah lingkungan, warisan budaya dan diarahkan untuk menginspirasi penggunanya. Produk EthneeQ antara lain tote bag, hand bag ayaman, selop hingga sneaker etnik. Produk kerajinan EthneeQ telah diekspor ke Australia dan London.

Kirana Cipta Lestari

Kirana Cipta Lestari merupakan produsen custom-made products untuk hotel, restoran, dan toko oleh-oleh dengan nilai-nilai dampak sosial dan keberlanjutan.

Menggunakan material yang ramah lingkungan, Kirana memberdayakan perajin wayang dan perajin Kapal Phinisi sebagai bentuk pelestarian warisan budaya unik yang terdaftar di UNESCO.

Salah satu nilai sosial yang diterapkan adalah "Shop For a Cause", di mana untuk setiap pembelian produk Kirana, konsumen turut membantu masyarakat yang membutuhkan di Sumba Barat.

Sebelumnya, souvenir racikan Kirana terpilih untuk KTT Asean Bali 2003 dan souvenir VVIP untuk ASEAN Chairmanship pada Agustus 2023 lalu. Produk Kirana juga telah diekspor ke Belgia, Spanyol, Amerika Serikat dan Malaysia

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.