Sukses

Liburan Keluarga di Kebun Binatang Ragunan, Berikut Daya Tarik dan Fasilitasnya

Kebun Binatang Ragunan masih menjadi tempat terbaik untuk berlibur bersama keluarga. Berikut ini daya tarik, fasilitas, dan harga tiketnya.

Liputan6.com, Bandung - Berlibur bersama keluarga merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena bisa mempererat hubungan terutama bersama anak-anak. Terdapat banyak pilihan tempat wisata keluarga yang bisa dinikmati salah satunya liburan di kebun binatang.

Kebun binatang masih menjadi destinasi wisata menarik bersama keluarga terutama untuk membawa anak-anak. Pasalnya kebun binatang tidak hanya memberikan kesenangan kepada si kecil tetapi juga pengalaman dan kenangan yang indah mengenal satwa.

Tempat wisata ini membuka kesempatan besar agar anak mengenal lebih dalam dengan berbagai jenis hewan yang ada. Anak-anak juga bisa melihat langsung hewan-hewan dan pengetahuan hidup hewan tersebut.

Anak-anak tidak hanya berekreasi tetapi juga meraih edukasi tentang jenis hewan, habitatnya, dan pentingnya menjaga kelestarian alam. Berlibur ke kebun binatang bersama anak juga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Terutama untuk berfoto bersama atau berjalan-jalan dan melihat banyaknya jenis hewan tersebut. Selain koleksi hewan yang menarik berlibur ke kebun binatang juga menjadi destinasi yang mudah untuk diakses.

Di Indonesia sendiri sejumlah daerah memiliki kebun binatangnya tersendiri yang bisa diakses dengan mudah dan harga yang terjangkau. Misalnya saja Kebun Binatang Ragunan yang berlokasi di pusat kota.

Tempatnya sangat populer untuk dijadikan lokasi berlibur baik pada akhir pekan atau hari libur nasional. Selain itu, Kebun Binatang Ragunan juga telah dilengkapi dengan fasilitas dan atraksi yang menarik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang ragunan mempunyai daya tarik tersendiri sehingga populer dijadikan tempat wisata. Terdapat sejumlah zona menarik mulai dari zona binatang dan zona rekreasi yang menyenangkan.

Pada zona binatang ada sejumlah hewan unik yang bisa dilihat mulai dari hewan mamalia, reptil, atau unggas. Pada kawasan mamalia bahkan ada sejumlah hewan menarik yang bisa dijumpai seperti harimau sumatera, siamang, orang utan, dan lain-lain.

Selain itu, pada kawasan reptil pengunjung bisa melihat hewan langka seperti komodo, sanca, dan lain-lain. Sementara itu kawasan unggas pengunjung bisa melihat burung cantik yang bahkan beberapa di antaranya bisa berfoto bersama.

Tempat wisata ini juga menyediakan area rekreasi menarik seperti gajah tunggang, unta tunggang, kuda tunggang, hingga pentas satwa yang menarik. Kebun Binatang Ragunan juga menyediakan taman refleksi yang dirancang untuk tempat bersantai menikmati suasana.

3 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Fasilitas Kebun Binatang Ragunan

Melansir dari Antara pembayaran tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan wajib dilakukan menggunakan Kartu Jakcard Bank DKI yang tersedia dalam dua versi yaitu Rp45.000 dan Rp75.000.

Kartu tersebut bisa dibeli melalui loket Kebun Binatang Ragunan dengan top up minimal Rp10.000 dan dapat dilakukan pengisian saldo di semua loket Kebun Binatang Ragunan dan Halte Busway.

Sementara itu harga masuk ke tempat wisata ini juga sangat terjangkau karena pengujung orang dewasa hanya membayar Rp4.000 per orang dan anak-anak Rp3.000 per orang. Kemudian juga, terdapat tarif parkir seperti sepeda, motor, mobil, bus, dan lain-lain.

Sebagai informasi fasilitas di Kebun Binatang Ragunan juga bervariasi mulai dari Pusat Primata Schmutzer, Taman Refleksi, Sarana Rekreasi, Taman Satwa Anak, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan berlokasi di Jl. Harsono Rm Dalam No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tempat ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu pada pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Pengunjung yang datang dari pusat kota Jakarta bisa menempuh jarak sekitar 15,6 km atau 38 menit perjalanan. Sementara pengunjung yang datang dari Stasiun Gambir bisa menempuh jarak 17,3 km atau 43 menit perjalanan.

Kebun Binatang Ragunan juga cukup mudah diakses dari Stasiun Kereta Cepat Halim karena berjarak sekitar 14,4 km atau 37 menit perjalanan. Sedangkan, pengunjung yang berasal dari kota Bandung bisa menempuh perjalanan 152 km atau 2 jam 38 menit perjalanan.

Tentunya tempat wisata ini juga mudah untuk diakses menggunakan kendaraan umum mulai dari Kereta, Transjakarta, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini