Sukses

Didominasi Wajah Baru, DPRD DIY Janji Gerak Lebih Cepat

Ketua DPRD DIY periode 2019-2024, Nuryadi terpilih sebagai Ketua sementara dalam acara yang dihadiri Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 55 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2024-2029 resmi dilantik Senin (2/9/2024). Hampir 80 persen atau sebanyak 40 dari mereka merupakan wajah baru dan diminta bergerak lebih cepat dari sebelumnya.

Ketua DPRD DIY periode 2019-2024, Nuryadi terpilih sebagai Ketua sementara dalam acara yang dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Saya kebetulan ditunjuk sebagai ketua sementara sampai ketua definitive ditunjuk. Ini artinya tanggung jawab sepenuhnya bagaimana menjadikan skuad baru ini bisa lebih cepat dari kemarin,” kata Nuryadi.

Menurutnya, DPRD DIY periode 2019-2024 bukan tidak bekerja dengan baik. Namun, periode tersebut ada keterlambatan dalam menjalankan berbagai program dan merealisasikan aspirasi rakyat karena pandemi Covid-19.

“Ini menjadikan berbagai proyek porak-poranda dan saya memohon maaf karena tidak ada peningkatkan kinerja,” ucapnya.

Dengan kehadiran wajah-wajah baru, Nuryadi menyatakan akan mengenjot agar kedepannya benar-benar menjadi wakil dan abdi rakyat. Sehingga mampu mengawal tantangan yang diberikan rakyat melalui pengawasan penggunaan APBD, Dana Keistimewaan (Danais) maupun bantuan dari pusat.

Meski masih memiliki satu hutang, yaitu satu Peraturan Daerah (Perda) yang belum diselesaikan. Sebagai Ketua sementara, politikus PDI Perjuangan ini menegaskan dirinya secepat mungkin akan berkoordinasi dengan semua rekan-rekannya untuk menyelesaikan tiga program prioritas.

“Pertama membentuk fraksi, membuat tata tertib, dan penetapan pimpinan definitif. Kursi ketua sesuai aturan dipegang PDI Perjuangan sebagai peraih suara terbanyak, apakah saya nanti kembali ditunjuk itu terserah pusat,” jelasnya.

Hasil Pileg 2024 untuk DPRD DIY, PDI Perjuangan meraih kursi terbanyak dengan 19 kursi, Gerindra delapan, PKS tujuh, PKB enam kursi, Golkar enam kursi, PAN lima kursi, Nasdem dua kursi, PPP dan PSI masing-masing satu kursi.

Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan tidak memiliki pesan khusus kepada 55 anggota DPRD DIY yang baru dilantik. Dirinya hanya meminta kedepannya ada peningkatan dalam pola kerjasama dan pola pikir untuk menyerap serta meningkatkan aspirasi masyarakat.

“Peningkatan aspirasi itu tergantung dari keterbukaan dewan sendiri terkait dengan bagaimana mereka menyikapi aspirasi rakyatnya,” tutup Sultan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.