Sukses

Salah Satu Anggota Termuda DPRD Lampung Sasa Chalim Siap Kawal Aspirasi Kawula Muda

Politisi Partai PKB dari Kabupaten Lampung Timur, Sasa Chalim telah resmi menyandang predikat wakil rakyat. Adik kandung mantan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim itu dilantik menjadi anggota DPRD Lampung periode 2024-2029, di Bandar Lampung, Senin (2/9/2024).

Liputan6.com, Lampung - Politisi Partai PKB dari Kabupaten Lampung Timur, Sasa Chalim telah resmi menyandang predikat wakil rakyat. Adik kandung mantan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim itu dilantik menjadi anggota DPRD Lampung periode 2024-2029, di Bandar Lampung, Senin (2/9/2024).  Sasa tercatat sebagai anggota DPRD Lampung termuda kedua setelah Galang Putra Rahman, politisi dari Partai Gerindra. 

Umur Sasa saat dilantik baru menginjak 26 tahun, perempuan kelahiran 26 Februari 1998 itu merupakan seorang dokter lulusan Universitas Lampung (Unila).

Sementara itu, Galang yang dilantik sebagai anggota DPRD Lampung baru menginjak usai 25 tahun. Putra dari Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman itu lulusan Fakultas Hukum Unila, kelahiran 18 November 1998. Menjadi anggota dewan termuda, tentu punya tujuan yang tak kalah mulia. Seperti mengawal aspirasi kaula muda yang keresahannya masih belum begitu tersalurkan.

Pernyataan itu disampaikan Sasa Chalim, ia sebelumnya bertarung dalam pemilihan legislatif Dapil 8, Lampung Timur. Sasa menyampaikan bahwa anak muda harus terus berperan dan diberikan ruang. "Kita sebagai perwakilan anak muda, akan terus turun ke anak muda milenial, gen-z, menyampaikan aspirasi dan kebutuhan mereka ke parlemen khususnya di DPRD provinsi Lampung," kata Sasa kepada Liputan6.com usai dilantik sebagai wakil rakyat di Kantor DPRD Provinsi Lampung, Senin (2/9/2024).

Ia menyatakan siap ditempatkan di komisi berapa pun di DPRD Provinsi Lampung. Namun, latar belakangnya adalah seorang dokter. Maka, ia lebih senang jika ditempatkan pada Komisi V, sesuai dengan bidangnya. "Lebih baik kita sesuai dengan bidangnya, kemungkinan ya sesuai kemampuan saya khususnya di bidang kesehatan," jelas dia.

Menurut dia, saat ini perempuan harus lebih maju dan tangguh. Terlebih, perempuan di Lampung banyak yang menjadi korban pelecehan hingga penindasan. Dengan dilantik sebagai wakil rakyat, Sasa tak ingin hal buruk itu terjadi lagi di Lampung dan akan terus mengawal perempuan serta anak-anak. "Kita sebagai perwakilan perempuan ingin perempuan itu bisa maju tidak jadi korban penindasan atau diskriminasi. Semoga semakin baik ke depan," pungkasnya.

Diketahui, Sasa dilantik sebagai anggota legislatif untuk pertama kalinya. Pada Pileg 2024 lalu, Sasa berhasil meraih 30.070 suara. Sementara itu, Galang Putra Rahman saat dimintai keterangan usai dilantik sebagai anggota legislatif di DPRD Lampung masih enggan berkomentar banyak. Ia hanya mengatakan, apa yang disampaikan oleh Sasa sudah terwakilkan. "Udah diwakilin Sasa aja ya," ujar Galang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini