Sukses

Ini Alasan Rahmat Mirzani Djausal Pilih Jihan Nurlela Jadi Calon Wakil Gubernur di Pilkada Lampung

Calon Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal (RMD) angkat bicara soal alasannya memilih Jihan Nurlela, sebagai calon wakilnya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sebelumnya, RMD sempat dikabarkan berpasangan dengan kader PDI Perjuangan, Umar Ahmad.

Liputan6.com, Lampung - Calon Gubernur Lampung, Rahmat Mirzani Djausal (RMD) angkat bicara soal alasannya memilih Jihan Nurlela, sebagai calon wakilnya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sebelumnya, RMD sempat dikabarkan berpasangan dengan kader PDI Perjuangan, Umar Ahmad. RMD menyatakan memiliki kedekatan personal dengan mantan Bupati Tulang Bawang Barat tersebut. Terlebih keduanya bertentangga rumah. 

"Saya dengan Umar sudah lama dekat, dari beberapa komunikasi, kami sempat bersepakat waktu itu inginnya bisa berpasangan dengan Umar, dan Jihan sebenarnya pilihan terakhir," kata Mirza seraya tersenyum ke arah Jihan, di Bandar Lampung, Selasa (3/9/2024). 

Dia menjelaskan, niat berpasangan dengan Umar dalam Pilkada 2024 terpaksa kandas, lantaran situasi politik di tingkat nasional. Akhirnya, DPP Gerindra pun merestui Jihan sebagai wakil di Pilkada Lampung 2024. "Keputusan memilih Jihan sebagai calon wakil gubernur ini tak mudah dan instan begitu saja, di tingkat nasional pun melakukan konsolidasi dengan sejumlah partai politik. Komunikasi itu lah yang kita bicarakan agar kepentingan Lampung maksimal. Akhirnya DPP memutuskan Jihan sebagai wakil saya," ungkapnya. 

Setelah ditetapkannya Jihan sebagai wakil gubernurnya, RMD menyampaikan bahwa saat itu pihaknya harus berusaha semaksimal mungkin menyakinkan anggota DPD RI Dapil Lampung tersebut untuk maju bersama. "Ketika itu, kami pun berusaha merayu Jihan, karena DPP Gerindra yakin Mirza dan Jihan bisa membawa Lampung lebih maju," tuturnya.

Dia menambahkan, terpilihnya Prabowo Subianto sebagai Presiden RI merupakan momentum baik bagi Provinsi Lampung. "Saya Ketua DPD Gerindra Lampung, ini momennya Gerindra dan pak Prabowo sebagai presiden, kalau gubernur dari PKB mungkin perhatiannya soal Lampung beda, kan begitu kira-kira," jelasnya.

RMD mengaku dititipkan harapan oleh Prabowo guna membawa Lampung semakin maju lagi. Harapan itu merupakan apresiasi atas kemenangan Prabowo di Lampung dengan perolehan suara mencapai 70 persen pada Pilpres kemarin. "Ketika pak Prabowo menjadi presiden, bagaimana Lampung bisa lebih baik lagi, lebih maju lagi dan segera mengejar ketertinggalan. Untuk melakukan hal itu dibutuhkan partner dan sinergi yang baik di tingkat daerah, terutama di provinsi," pungkasnya.

Diketahui, Rahmat Mirzani Djausal dan Jihan Nurlela diusung oleh tujuh partai politik parlemen, yakni Gerindra, PKB, Golkar, Nasdem, Demokrat, PAN, dan PKS. Kemudian, mereka juga mendapatkan dukungan dari lima partai politik non parlemen, yaitu Partai Prima, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Ummat dan PPP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini