Sukses

Terpancing Emosi Saat Debat dengan Rocky Gerung, Ini Profil Silfester Matutina

Silfester Matutina belakangan ini jadi sorotan publik usai terpancing emosi ketika debat dengan Rocky Gerung.

Liputan6.com, Bandung - Nama Silfester Matutina belakangan ini jadi sorotan publik setelah cuplikan videonya bersama Rocky Gerung viral di media sosial. Diketahui Silfester menghadiri suatu acara di salah satu stasiun televisi dan terlibat adu mulut dengan Rocky Gerung.

Pria yang dikenal sebagai relawan Jokowi tersebut saling beradu mulut dengan Rocky Gerung dan cuplikan videonya viral pada Rabu (4/8/2024) sejak dini hari. Melalui video yang viral tersebut terlihat Rocky Gerung tampak diam ketika Silfester Matutina mencecarnya.

Bahkan dalam video tersebut terlihat bagaimana Silfester terpancing emosi hingga mengeluarkan kalimat kasar. Sebagai informasi cuplikan video tersebut berasal dari suatu acara di stasiun televisi.

Kejadian adu mulutnya dimulai ketika Rocky Gerung sendang menjelaskan bahwa Jokowi sebagai Presiden sudah melanggar berbagai pasal. Sementara itu, Silfester meminta bukti dari pernyataan Rocky.

Rocky kemudian menjelaskannya dengan teoritis sebagaimana gaya berbicaranya sebagai filsuf kenamaan Indonesia. Tanpa diduga jawaban Rocky dinilai bertele-tele oleh Silfester karena ia meminta Rocky untuk langsung memberikan inti buktinya.

“Kita kalau di pengadilan bro, tak ada ngomong panjang-panjang begini. Langsung mana buktinya. Hakim akan minta itu,” kata Silfester.

Sementara itu, beberapa kali Silfester terlihat menyela Rocky Gerung yang berusaha untuk menjelaskan. Tak lama setelahnya Silfester menyebutkan bahwa Rocky adalah manusia pecundang yang tidak berguna bagi bangsa dan negara.

“Ini adalah manusia pecundang yang sangat merugikan bangsa kita dengan kebohongan-kebohongan yang dia lakukan,” katanya.

Kemudian situasi semakin panas setelah Rocky Gerung menyebut kata kasar karena Silfester tidak ingin mendengarkan penjelasannya. Kata tersebut lalu memancing Silfester mengatakan kalimat yang tak kalah kasar dan situasi di studio semakin memanas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lantas Siapa Silfester Matutina?

Melansir dari Merdeka Silfester Matutina merupakan salah satu orang yang berada di belakang Jokowi. Ia juga dikenal sebagai Ketua Umum (Ketum) Solidaritas Merah Putih (Solmet) yang merupakan relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Silfester Matutina diketahui lahir pada tanggal 19 Juni 1971 di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Pria berusia 54 tahun itu juga pernah menjadi bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Sosoknya juga sempat jadi sorotan baru-baru ini setelah memberikan pembelaan kepada Kaesang dan Erina Gudono terkait penggunaan pesawat jet pribadi ketika pergi ke Amerika Serikat.

Menurutnya wajar untuk Kaesang dan Erina Gudono sebagai pengusaha untuk bisa menggunakan pesawat jet pribadi. Dia juga menyebutkan bahwa saat ini masyarakat Indonesia juga banyak yang menggunakan jet pribadi ketika berpergian.

3 dari 3 halaman

Aktif menjadi Pembicara

Silfester Matutina juga dikenal aktif sebagai pembicara dan kerap hadir dalam berbagai forum diskusi di antara kalangan masyarakat. Ia bahkan sering kali hadir dalam acara yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah dan isu-isu strategis nasional.

Selain itu, dia juga dikenal aktif pada kritik yang diberikan oleh oposisi dan melalui sejumlah kesempatan pernah menjadi pembicara untuk diskusi-diskusi publik yang mengangkat tema kebijakan dan arah pembangunan Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi.

Melalui keaktifannya tersebut sehingga Silfester juga termasuk sebagai Ketua Umum Kelompok Relawan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Solidaritas Merah Putih dan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum dalam struktur TKN Prabowo - Gibran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.