Sukses

Bikin Bangga, Ini 5 Kain Songket Indonesia yang Mendunia

Kain songket tak hanya populer di dalam negeri, melainkan sudah dikenal dunia. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, simak lima kain songket Indonesia yang mendunia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kain tradisional menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang berharga. Banyak jenis kain tradisional yang memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing, termasuk kain songket.

Menurut UNESCO, istilah songket mengacu pada teknik tenun dekoratif serta penyisipan benang di antara benang dasar untuk dapat menghasilkan motif kain. Benang tambahan akan tampak melayang di atas benang latar, kemudian terbentuklah anyaman berwarna emas dan perak yang seolah menciptakan efek ornamen.

Kain songket tak hanya populer di dalam negeri, melainkan sudah dikenal dunia. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, simak lima kain songket Indonesia yang mendunia:

1. Songket Bali

Selain tenun ikat, Bali juga memiliki kain songket dengan motif tradisional yang dipadukan dengan unsur seni Bali. Kain songket bali berwarna cenderung lebih cerah dengan dominasi warna emas, merah, dan hitam.

Songket bali kerap digunakan dalam upacara adat dan ritual keagamaan. Tak jarang, kain songket ini juga menjadi incaran oleh-oleh wisatawan.

2. Songket Minangkabau

Songket minangkabau yang berasal dari Sumatra Barat memiliki ciri khas berupa motifnya yang indah dan rumit. Kain songket ini identik dengan motif alam, seperti bunga, burung, atau hewan lainnya.

Ciri khas lainnya terletak pada warna dasar yang lebih banyak menggunakan warna gelap, seperti merah, biru, dan hitam. Warna tersebut akan berpadu sempurna dengan hiasan benang emas atau perak. Selain digunakan dalam upacara adat dan acara pernikahan, kain songket minangkabau juga menjadi simbol status sosial dan kekayaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Songket Palembang

3. Songket Palembang

Bergeser ke Sumatra Selatan ada songket khas Palembang. Songket ini merupakan salah satu jenis kain songket Indonesia yang paling terkenal.

Dengan motif yang lebih padat, songket palembang identik dengan motif berwarna emas yang tebal. Warna tersebut menciptakan tampilan yang mewah.

Selain itu, warna-warna yang digunakan juga lebih cerah, seperti merah, hijau, dan ungu. Selain sering dikenakan oleh para bangsawan dalam upacara resmi, kini kain ini juga menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

4. Songket Sambas

Songket sambas adalah kain tradisional dari Kalimantan Barat. Ciri khas motifnya adalah keindahan alam dan flora lokal, seperti bunga teratai dan daun pakis.

Warna-warna yang digunakan dalam songket sambas lebih terang dan cerah dengan tetap menggunakan benang emas yang halus. Songket ini sering digunakan dalam upacara adat, acara keagamaan, dan telah berhasil menarik perhatian wisatawan mancanegara.

5. Songket Silungkang

Songket dari daerah Silungkang, Sumatra Barat, ini memiliki ciri khas motif geometris. Ciri tersebut terinspirasi oleh alam, seperti bintang dan bunga.

Dengan warna-warna yang lebih lembut dibandingkan dengan songket lainnya, songket silungkang tetap dihiasi dengan benang emas atau perak. Songket khas Indonesia yang sudah mendunia ini terkenal karena kualitas tenunannya yang sangat halus.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini