Sukses

Risma Prihatin Potensi Perikanan Jatim Melimpah tapi Nelayan Belum Sejahtera

Risma prihatin dengan kondisi yang ada. Dengan potensi ikan yang melimpah kesejahteraan nelayan belum optimal. Dari yang ia dengar, para nelayan di Trenggalek ada yang sampai transaksi di laut.

Liputan6.com, Blitar - Bakal calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2024 Tri Rismaharini atau Risma menyatakan, Jatim mempunyai banyak potensi perikanan dan pertanian.

"Potensi banyak di perikanan dan pertanian. Kita harus memakai strategi dan perencanaan," kata Risma, di Kota Blitar, Rabu 4 September 2024.

Ia prihatin dengan kondisi yang ada. Dengan potensi ikan yang melimpah kesejahteraan nelayan belum optimal. Dari yang ia dengar, para nelayan di Trenggalek ada yang sampai transaksi di laut.

Kemudian di Gresik, dia mendengar ketika melaut nelayan pinjam uang terlebih dahulu untuk biaya keluarga di rumah dan untuk pergi. Baru ketika sudah mendapatkan ikan dan pulang berapa pun harganya akan dijual.

"Ini tidak bagus. Akhirnya tidak bisa keluar dari kemiskinan. Karena itu harus dicarikan pola mereka bisa kalau bisa 'head to head' menjualnya. Prosesnya jangan saling bunuh. Itu yang saya siapkan untuk menyelesaikan itu. Potensi perikanan di selatan Jawa Timur itu besar," kata Risma.

Ia juga menambahkan, ada beberapa masalah lain yang juga menjadi sorotannya seperti pemberdayaan pedagang. Perlu dilakukan pemetaan agar usaha mereka bisa sama-sama jalan, sebab harus bersaing dengan temannya sendiri.

Selain itu, dirinya juga menyoroti soal masalah pekerja migran yang harus bisa diselesaikan. Kendala utamanya, mereka tertarik untuk bekerja menjadi tenaga migran secara ilegal.

Risma menilai perlunya lebih luas lagi penciptaan lapangan kerja. Dengan itu, mereka bisa lebih tertarik untuk bekerja di dalam negeri ketimbang menjadi pekerja migran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risma-Gus Hans Ziarah ke Makam Bung Karno

"Sebenarnya saya juga banyak menangani pekerja migran ilegal, beberapa dari Jawa Timur. Selama ini mereka bisa. Kami ajarkan menjahit, diberi latihan kerajinan, kuliner, itu ternyata bisa. Setelah berhasil mereka silakan mau memilih apa. Dasarnya tidak harus bekerja di luar negeri, kan kita ciptakan lapangan kerja yang memadahi untuk mereka," kata Risma.

Bakal calon gubernur Jawa Timur Tri Rismaharini dengan bakal calon wakil gubernur Jatim KH Zahrul Azhar Asumta atau yang akrab disapa Gus Hans ziarah ke makam Presiden pertama RI Soekarno di Kota Blitar, menjelang Pilkada 2024.

Sejumlah lokasi juga disinggahi setelah dari makam Bung Karno di Kota Blitar, antara lain ziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, lalu ke Pesantren Darul Ulum, Pesantren Denanyar, dan ke Pesantren Tambakberas, Jombang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.