Sukses

Ayam Iloni Nasi Kuning, Cita Rasa Autentik Gorontalo yang Menggugah Selera

Salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan adalah Ayam Iloni yang dimakan dengan nasi kuning, sajian khas yang kerap ditemui di berbagai rumah makan di Kota Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Kuliner tradisional memang selalu punya tempat istimewa di hati penikmatnya, termasuk bagi wisatawan yang berkunjung ke suatu destinasi wisata, seperti Gorontalo.

Salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan adalah Ayam Iloni yang dimakan dengan nasi kuning, sajian khas yang kerap ditemui di berbagai rumah makan di Kota Gorontalo.

Kombinasi ayam yang dipanggang dengan bumbu santan dan rempah pilihan, dipadukan dengan nasi kuning yang gurih. Menjadikan menu ini favorit masyarakat lokal maupun pendatang di tanah serambi madinah.

Ayam Iloni, yang dalam proses pembuatannya dimasak dengan santan, memberikan rasa gurih yang kaya dengan tekstur lembut pada daging ayamnya.

Nasi kuning yang menjadi pendampingnya, dimasak dengan campuran kunyit dan rempah khas yang menghasilkan rasa yang hangat dan menggugah selera. Hidangan ini semakin nikmat disajikan dengan pelengkap seperti telur rebus, sambal, dan serundeng kelapa.

Tak heran jika makanan ini sangat diminati, termasuk di kalangan anak-anak yang menyukai perpaduan rasa manis dan gurih dari ayam iloni.

Namun, perlu diingat, bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan seperti kolesterol, sajian ini sebaiknya dinikmati dengan hati-hati.

Kandungan santan yang tinggi dalam ayam Iloni bisa memicu kadar kolesterol yang tinggi, sehingga disarankan untuk tidak dikonsumsi berlebihan oleh penderita kolesterol.

Meski demikian, Ayam Iloni Nasi Kuning tetap menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin merasakan kelezatan kuliner autentik Gorontalo.

Cita rasa khas rempah Nusantara yang berpadu dalam satu piring membuat siapa pun yang mencobanya akan ketagihan.

"Pokoknya the best ayam iloni plus nasi kuning Gorontalo, saya baru pertama kali datang ke Gorontalo langsung mencoba memesan ini ternyata enak banget," kata Berliana warga Jakarta yang saat berkunjung ke Gorontalo.

Perempuan yang akrab disapa Berlin ini mengajak kalian untuk berkunjung ke Gorontalo, sempatkan diri untuk mampir ke salah satu rumah makan tradisional yang menyajikan hidangan ini.

"Nikmati kehangatan dan kekayaan rasa dalam seporsi Ayam Iloni Nasi Kuning yang siap memanjakan lidah dan menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan," ujarnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bumbu Ayam Iloni

Dilihat dari bentuknya, nasi ayam Iloni sepintas tidak berbeda jauh dengan nasi ayam goreng atau bakar pada umumnya. Perbedaannya, terletak pada bumbu khas yang dipadu santan sebelum dibakar.

Racikan bumbu memang menjadi ciri khas dari Ayam Iloni. Bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, rica, kemiri, jahe, kunyit,  daun serai, daun pandan, dan daun lemon ditumis, dicampurkan dengan santan kelapa asli.   

Setelah santan mengental barulah potongan daging ayam dimasukkan dan diaduk agar bumbunya meresap kedalam daging. Kemudian masuk ke proses pemanggangan. Usai warnanya berubah kecoklatan, itu pertanda ayam telah cukup matang, potongan ayam bagian atas kembali dilumuri dengan bumbu santan.

"Ayam iloni itu rasa gurih dari bumbu santannya. Bagi yang suka pedas tinggal cabainya diperbanyak," kata Arni Harun, salah satu pembuat kuliner ini.

Bagi orang luar daerah yang berkunjung ke Gorontalo, mencoba menu ayam iloni adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Makanan tradisional Gorontalo ini banyak ditemukan di hampir seluruh rumah makan Gorontalo.

"Banyak ditemukan makanan ini, jadi tidak perlu khawatir jika datang di Gorontalo hanya untuk mencicipi makanan nasi ayam iloni," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.