Sukses

Deretan Idol Kpop yang Laporkan YouTuber Sojang, Terbaru aespa dan Suho EXO

Sebelum mereka, beberapa idol Kpop juga telah melaporkan pemilik channel YouTube tersebut ke kepolisian. Siapa saja?

Liputan6.com, Yogyakarta - YouTuber Taldeok Camp (Sojang) sudah beberapa kali dilaporkan oleh idol Kpop terkait konten yang ia buat. YouTuber Sojang diduga kerap sengaja membuat video bernada negatif yang mengarah ke hoaks dan pencemaran nama baik.

Baru-baru ini, YouTuber Sojang juga dilaporkan oleh seluruh member aespa dan Suho EXO. Sebelum mereka, beberapa idol Kpop juga telah melaporkan pemilik channel YouTube tersebut ke kepolisian. Siapa saja?

1. Wonyoung IVE

Wonyoung IVE bersama agensinya Starship Entertainment merupakan idol pertama yang melaporkan YouTuber Sojang. YouTuber tersebut diduga merilis beberapa video yang membuat tuduhan yang tidak berdasar terhadap dirinya.

Pada September 2022, saluran tersebut mengunggah video yang menargetkan Wonyoung dengan mengklaim bahwa dia telah memaksa anggota ketujuh IVE yang dikabarkan keluar dari grup sebelum debut mereka. Saluran tersebut sebelumnya juga telah mengunggah video lain dengan tuduhan yang tidak berdasar terhadap penyanyi tersebut.

Wonyoung kemudian berhasil memenangkan gugatan terhadap YouTuber Sojang. Pengadilan Distrik Pusat Seoul memerintahkan Sojang untuk membayar ganti rugi sebesar â‚©100 juta atau setara dengan Rp1,1 miliar.

2. Kang Daniel

Setelah Woyoung, Kang Daniel juga melaporkan YouTuber Sojang untuk alasan yang sama. YouTuber tersebut dituntun atas pencemaran nama baik yang merugikan Kang Daniel.

Terdakwa dituntut denda sebesar â‚©3 juta atau sekitar Rp34,9 juta. Sosok di balik akun YouTube Sojang didakwa melanggar Undang-Undang Promosi Penggunaan Jaringan Informasi dan Perlindungan Informasi terkait pencemaran nama baik.

3. V dan Jungkook BTS

Dua member BTS, V dan Jungkook, baru-baru ini juga melaporkan YouTuber Sojang. Sidang gugatan pertama telah digelar pada 23 Agustus 2024.

YouTuber Sojang dilaporkan atas tuduhan telah melecehkan idol K-pop melalui saluran YouTube dengan membuat rumor tentang idol K-pop, termasuk V dan Jungkook.

Agensi BIGHIT MUSIC sebenarnya sudah sempat melaporkan Sojang pada 2022, tetapi pihak berwajib memutuskan membatalkan penyelidikan. Sidang kedua atau sidang lanjutan akan digelar pada 25 Oktober 2024.

4. aespa

Pada 4 September, seluruh member aespa dikabarkan telah memasukkan gugatan kepada kanal YouTube Taldeok Camp. Pemilik saliran tersebut dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik dan fitnah.

5. Suho EXO

Bersamaan dengan aespa, Suho EXO juga melaporkan saliran YouTube Sojang. Sama seperti idol lainnya, Suho juga melaporkan Sojang atas tuduhan pencemaran nama baik dan fitnah.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini