Sukses

Mengintip Keindahan Harau Valley, Destinasi Wisata Cocok untuk Healing dari Perkotaan

Harau Valley atau Lembah Harau merupakan tempat wisata cantik yang cocok dikunjungi untuk healing. Pasalnya wisata ini menawarkan pemandanga alam yang indah jarang dijumpai di perkotaan.

Liputan6.com, Bandung - Kehidupan perkotaan sering kali membuat banyak orang terjebak dalam rutinitas yang monoton dan ramai. Bahkan tidak sedikit orang sering terpapar oleh polusi, kebisingan, dan padatnya rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Tekanan yang datang secara berturut-turut tersebut sering kali membuat orang mengalami stres dan kelelahan. Alhasil ketika hari libur tiba banyak orang memilih waktu berlibur mereka untuk beristirahat atau bahkan berlibur ke tempat yang jauh dari perkotaan.

Salah satu tempat berlibur yang sangat populer untuk dikunjungi saat lelah dengan aktivitas kota adalah berkunjung ke tempat wisata alam. Pasalnya alam memberikan banyak sekali manfaat tidak hanya fisik tetapi juga mental.

Mengunjungi alam mampu mengurangi tingkat stres dan kecemasan terutama dengan sajian alam indah yang mempesona. Misalnya saja berkunjung ke air terjun bisa memberikan ketenangan dengan suara gemericik air dan kicauan burung.

Sementara itu ketika berkunjung ke pantai bisa memberikan ketenangan dari suara ombak atau berjalan-jalan di tepi pantai. Saat ini ada banyak tempat wisata alam menarik untuk lari dari hiruk pikuknya perkotaan.

Bahkan ada beberapa daerah yang menyediakan desa wisata yang berlokasi di wilayah yang masih asri. Desa tersebut mengajak pengunjung untuk bermalam menikmati desa tanpa adanya kepadatan kota.

Misalnya saja di Sumatra Barat terdapat tempat wisata menarik yang bisa kita kunjungi yaitu Lembah Harau atau Harau Valley. Sebelumnya tempat wisata ini bahkan viral karena mirip dengan desa Konoha yang ada di dalam serial anime populer “Naruto”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Lembah Harau

Melansir dari situs resmi Kemenparekraf Lembah Harau atau  Harau Valley dikenal dengan keunikannya. Konon dahulu tempat ini banyak disebutkan sebagai dasar lautan dan bahkan didukung dengan fakta ilmiah terkait jenis batuan yang ditemukan di tempatnya.

Lembah Harau mempunyai jenis batuan breksi dan konglomerat yang umumnya ditemukan di dasar laut. Selain itu, daya tarik dari tempat ini adalah tebing batuan yang mengelilingi Lembah Harau.

Tebingnya dipercaya mempunyai usia batuan yang diperkirakan sekitar 40 juta tahun. Kemudian tebing batuannya juga banyak mengandung karbon organik yang dikenal sebagai batuan yang terbentuk dari sisa-sisa organisme.

Lembah Harau juga ditetapkan sebagai cagar alam dan suaka margasatwa karena tempat ini juga dihuni oleh satwa langka yaitu monyet ekor panjang dan spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi dan memiliki enam air terjun cantik yang ada di sekitar kawasannya.

3 dari 4 halaman

Memiliki Tempat Wisata Menarik

Lembah Harau juga menyimpan spot-spot wisata menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya. Salah satunya Swarnabhumi Harau yang memiliki spot foto cantik, restoran, hingga penginapan bagi wisatawan.

Diketahui tempat wisatanya memiliki dua tipe penginapan yaitu tipe glamping atau glamorous camping atau cabin villa. Kemudian juga terdapat area resort menarik lainnya seperti Resort Aka Barayun, Resort Sarasah Bunta, hingga Resort Rimbo Piobang.

Beberapa resort tersebut mempunyai daya tarik tersendiri mulai dari air terjun dan kolam renang bernuansa alam. Penginapan dengan konsep unik dan masih banyak kegiatan lainnya yang menarik.

Selain itu di sekitarnya juga ada desa wisata unik seperti Kampung Sarosah, Kampung Korea Jepang, Taman Wisata, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Harau Valley

Harau Valley atau Lembah Harau berlokasi di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah ini terkenal karena diapit oleh dinding curam dengan ketinggian 100 hingga 200 meter.

Lokasi Lembah Harau berjarak cukup jauh jika pengunjung berasal dari KOta Padang karena berjarak sekitar 128 km atau 3 jam 43 menit perjalanan. Sementara dari Bukittinggi perjalanan yang ditempuh sekitar 48 km atau 1 jam 36 menit perjalanan.

Kemudian Lembah Harau juga bisa diakses dari Kota Payakumbuh dan cukup dekat sekitar 18,6 km atau 34 menit perjalanan. Meskipun perjalanannya cukup panjang tetapi wisatawan akan terbayarkan dengan keindahan alam sekitarnya diperjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini